Dark/Light Mode

BRI Bakal Kerek Porsi Kredit Buat Usaha Wong Cilik

UMKM Terdampak Corona Mulai Pulih

Sabtu, 7 Agustus 2021 05:30 WIB
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Sunarso dalam pemaparan kinerja semester pertama 2021. (Foto : Dok. BRI)
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Sunarso dalam pemaparan kinerja semester pertama 2021. (Foto : Dok. BRI)

 Sebelumnya 
Laba Double Digit

BRI mampu meraih kenaikan laba double digit hingga 22,93 persen menjadi Rp 12,54 triliun. Selain itu Net Interest Income (NII) tumbuh 28,7 persen, atau Rp 47,73 triliun. Hal ini makin mendorong kinerja aset menjadi Rp 1.450,9 triliun naik 4,55 persen.

Baca juga : BI: Penyaluran Kredit Bank Mulai Positif

Perseroan mampu menjaga NPL dengan baik. Tercatat NPL BRI pada akhir Kuartal II-2021 sebesar 3,30 persen dengan NPL Coverage mencapai 254,84 persen.

Dari sisi liabilities, BRI mampu mencatat pertumbu­han Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 2,23 persen year on year (yoy). Atau sebesar Rp 1.096,45 triliun pada akhir Juni 2021. Sedangkan Dana murah (Cur­rent Account Saving Account/CASA) masih mendominasi struktur pendanaan BRI, yakni sebesar 59,56 persen. Alias tumbuh signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 55,81 persen.

Baca juga : Sydney Bakal Terima Mahasiswa Internasional Mulai Juli

“Keberhasilan BRI dalam meningkatkan proporsi CASA membuat biaya dana (Cost of Fund/CoF) menjadi turun. Dari semula 3,54 persen pada akhir Kuartal II-2020 menjadi 2,18 persen pada akhir Kuartal II-2021,” imbuh Sunarso.

Kinerja BRI yang prudent juga tercermin dari rasio LDR (Loan to Deposit Ratio) maupun CAR (Capital Adequancy Ratio) yang berada pada angka ideal. LDR BRI di akhir Juni 2021 sebesar 84,77 persen. Sementara CAR BRI di periode yang sama tercatat 19,98 persen.

Baca juga : KPK: Pelanggaran Kegiatan Usaha Berpotensi Diikuti Tindak Pidana Korupsi

Sunarso optimistis pihaknya mampu menjaga pertumbuhan yang kuat dan sustainable di masa mendatang, dengan tetap berhati-hati dalam mengelola dampak pandemi.

“Dengan fundamental kinerja yang kuat serta diiringi kondisi ekonomi yang kian membaik, BRI meyakini saat ini kita sudah menapaki awal kebangkitan eko­nomi nasional,” tutupnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.