Dark/Light Mode

Refleksi 37 Tahun AP II: Sejarah, Ujian Terhebat, Dan Optimisme Masa Depan

Minggu, 15 Agustus 2021 08:47 WIB
Suasana Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Foto: Dok. AP II)
Suasana Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Foto: Dok. AP II)

 Sebelumnya 
Di tengah transformasi yang sedang dijalani, AP II menghadapi tantangan terberat sepanjang masa bagi sektor penerbangan global: Pandemi global Covid-19. “Pandemi menguji ketangguhan AP II sebagai perseroan yang telah 37 tahun berdiri. Momen ulang tahun ini saat yang tepat bagi kami untuk sekejap melihat apa yang telah diraih, merenungkan posisi hari ini, dan mengobarkan semangat juang menatap masa depan guna tetap menjaga amanah memberikan pelayanan kepada publik serta menjaga konektivitas udara Indonesia,” jelas Muhammad Awaluddin. 

Muhammad Awaluddin menambahkan, bertepatan dengan HUT ke-37, AP II menggelorakan semangat Sinergi Aviasi Bakti Negeri, memberikan semangat bersinergi yang telah dilakukan selama ini kepada seluruh ekosistem aviasi agar tetap optimis dalam menghadapi pandemi untuk berbakti kepada negeri.

Baca juga : Mahfud Harap Tahun Baru Islam Jadi Booster Optimisme Lawan Pandemi

Optimisme Masa Depan
AP II terus memperkuat ketangguhan organisasi (resilience organization) dalam menghadapi pandemi ini, dengan menetapkan berbagai prosedur di antaranya dalam mengatur pola dan norma bekerja, perlindungan bagi publik, pengaturan proses bisnis hingga fasilitas di bandara. “Hasilnya, seluruh bandara AP II tetap beroperasi dengan baik di tengah pandemi, melayani berbagai penerbangan,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Dengan organisasi yang tangguh di tengah pandemi, AP II dapat menjalankan program pemulihan bisnis termasuk mendukung terwujudnya Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata. 

Baca juga : 11 Tahun Perjalanan Dafam Hotel Management Berkarya

“Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung kami yakini dapat lebih memperkuat operasional serta mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan aviasi Indonesia tentunya dengan memperhatikan seluruh regulasi yang ada. Holding menciptakan koordinasi tunggal dalam pengembangan masterplan dan akan memaksimalkan keunggulan masing-masing anggota holding guna mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan aviasi,” jelas Muhammad Awaluddin. 

Muhammad Awaluddin menambahkan, di dalam holding nanti AP II akan menjalankan perannya mengembangkan sektor kebandarudaraan dengan berkolaborasi bersama anggota holding lainnya guna merumuskan strategi pengembangan menyeluruh, optimalisasi layanan, dan operasional yang saling mendukung. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.