Dark/Light Mode

Sambut Sale Akhir Tahun

Shopee Ajak UMKM Kontribusi Untuk Pemulihan Ekonomi Nasional

Kamis, 14 Oktober 2021 19:45 WIB
Konferensi pers diskusi panel bertajuk Kunci Sukses UMKM Menyambut Akhir Tahun Bersama Shopee 11.11 Big Sale secara virtual, Kamis (14/10). (Foto: Istimewa)
Konferensi pers diskusi panel bertajuk Kunci Sukses UMKM Menyambut Akhir Tahun Bersama Shopee 11.11 Big Sale secara virtual, Kamis (14/10). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Ia berharap, 11.11 mampu membawa semangat dan harapan bagi lebih banyak orang, terutama untuk mendukung lebih banyak UMKM dalam mengembangkan usahanya dan berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional.

Menurutnya Shopee juga mengajak pengguna untuk bersama-sama mendorong bisnis UMKM dengan menghadirkan penawaran-penawaran terbaik.

Baca juga : Optimalkan Potensi Mangrove Untuk Tekan Emisi GRK

“Saya mengundang semua pihak untuk bergabung dan membuat kemeriahan 11.11 ini memberikan dampak yang lebih besar dan berkontirbusi pada ekonomi nasional,” imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad mengatakan, kerja sama yang kuat antara berbagai pihak, tentu mempermudah sektor e-commerce dalam memberikan solusi akan tantangan yang dihadapi oleh UMKM, salah satunya dengan memberikan edukasi terkait teknologi dan akses ke ekonomi digital. “Literasi digital menjadi salah satu hal yang paling dibutuhkan pelaku UMKM di masa depan,” ujarnya.

Baca juga : UU HPP Mampu Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional

Selain literasi digital, sambung Tauhid, pelaku UMKM juga membutuhkan pengetahuan mengenai akses keuangan baik dari pemerintah atau lembaga keuangan lainnya.

“Ada sekitar 43,1 persen UMKM yang belum terakses bantuan permodalan meski stimulus dan bantuan telah pemerintah gulirkan,” ucapnya.

Baca juga : LaNyalla Serahkan Medali Dan Bonus Untuk Atlet Di PON XX Papua

Terakhir, pelaku UMKM juga harus bisa melakukan inovasi produk untuk bisa memenuhi syarat kualitas, keinginan pasar, serta modifikasi produk sesuai selera pasar. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.