Dark/Light Mode

LPEI Dorong Sarung Tenun Asal Gresik Masuk Pasar Internasional

Rabu, 3 November 2021 10:44 WIB
Pengurus Koperasi Wedani Giri Nata saat membahas Program Desa Devisa. (Foto: Istimewa)
Pengurus Koperasi Wedani Giri Nata saat membahas Program Desa Devisa. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Program Desa Devisa milik LPEI tegas James, bertujuan untuk membangun dan meningkatkan potensi suatu kawasan yang memiliki produk unggulan berorientasi ekspor, diarahkan untuk memperbesar akses masyarakat mencapai kondisi sosial ekonomi budaya yang lebih baik.

“Dan menghasilkan devisa dari kegiatan usaha yang dilaksanakan secara berkesinambungan,” imbuhnya dalam keterangan resmi, Rabu (3/11).

Baca juga : DPR Dukung Pemerataan Akses Internet

James menambahkan, dengan diresmikannya Desa Devisa Tenun Gresik, Desa Wedani menjadi desa ke-24 yang mengikuti Program Desa Devisa LPEI. Sehingga total penerima manfaat dari program ini telah mencapai 2.774 orang petani/penenun dan ditargetkan akan terus bertambah ditahun-tahun berikutnya.

Program Desa Devisa dimulai sejak 2019 dengan Desa Devisa Kakao di Jembrana, Bali menjadi Desa Devisa pertama yang memiliki komoditas unggulan berupa biji kakao difermentasi selanjutnya Desa Devisa Kerajinan di Bantul, Yogyakarta dengan produk kerajinan ramah lingkungan yang telah mampu melakukan ekspor secara berkelanjutan ke Eropa.

Baca juga : Wow, Pete Dan Jengkol Jateng Tembus Pasar Australia

Hingga November 2021, LPEI sudah meresmikan tiga desa devisa yaitu Desa Devisa Agrowisata Ijen Banyuwangi, Kopi Subang, Tenun Gresik, sehingga melalui Program Desa Devisa produk lokal Indonesia dapat mendunia serta memberikan dampak positif terhadap peningkatan ekonomi, sosial dan lingkungan bagi masyarakat setempat.

“Ke depan, LPEI terus akan bersinergi membangun desa-desa melalui Program Desa Devisa,” kata James.

Baca juga : Pemerintah Dorong Danau Sentani Jadi Kawasan Konservasi Dan Ekowisata

Peresmian ini juga dihadiri Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani yang turut memberikan apresiasi atas kolaborasi LPEI dengan Pemerintah Kabupaten Gresik, koperasi setempat, antar kementerian lembaga untuk memajukan Desa Wedani. ]DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.