Dark/Light Mode

Jadi Pembahasan Di KTT COP 26

Erick Dorong BUMN Garap Ekonomi Hijau

Kamis, 4 November 2021 06:50 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir bersalaman dengan Presiden AS Joe Biden di sela acara KTT COP26. (Foto: Istimewa).
Menteri BUMN Erick Thohir bersalaman dengan Presiden AS Joe Biden di sela acara KTT COP26. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Di kesempatan yang sama, Wakil Menteri I BUMN Pahala Mansury berharap, kerja sama dengan ADB bisa menjadi amunisi tambahan bagi PLN untuk bisa mempercepat target perseroan. Karena, PLN sebagai salah satu BUMN yang sangataktif dalam program dekarbonisasi, sudah melakukan banyak langkah agresif dalam mencapai net zero emission.

“Kami sangat optimistis target dekarbonisasi bisa tercapai dengan adanya kerja sama yang baik antara PLN dan ADB,” katanya.

Baca juga : Aplikasi Berbasis Cloud, Briefer Dorong Komunikasi Digital

Sementara itu, Director General Southeast Asia Department ADB Ramesh Subramaniam mengaku, kerja sama yang akan berlaku selama tiga tahun ini bisa segera ditindak lanjuti. Di mana keduanya akan membahas lebih spesifik terkait rencana PLN dalam mengurangi porsi PLTU (Pembangkit Listrik TenagaUap) dan beralih ke energi bersih.

Bahkan, setelah penandatanganan MoU ini, PLN dan ADB akan mengembangkan program kerja sama tahunan.

Baca juga : Leonardo DiCaprio Nongol Di KTT COP26, Warga Glasgow Heboh

“Pada 2022 dan seterusnya, PLN dan ADB bakal merancang peta jalan dalam rangka menghentikan penggunaan batu bara guna mencapai netralitas karbon pada 2060, atau lebih cepat,” jelasnya.

Dengan begitu, pada COP berikutnya, kedua pihak mampu mempresentasikan kemajuan dari kerja sama ini. Sehingga Indonesia akan lebih baik lagi dalam porsi energi bersih.

Baca juga : Perusahaan Keluarga Dominasi Ekonomi Dunia

Vice President (VP) ADB Ahmed Saeed menambahkan, pihaknya sudah bekerja sama dengan Indonesia lebih dari 50 tahun. Kali ini, kerja sama dengan PLN merupakan kesempatan baik untuk bisa bersama-sama mencapai transisi energi dari energi yang tinggi karbon menjadi energi bersih.

“Apalagi, Indonesia merupakansalah satu dari tiga negarayang menjadi mitra ADB dalam pilot project ETM,” tutup Saeed. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.