Dark/Light Mode

Lawan Stunting, Muhadjir Tekankan Kekuatan Rakyat Semesta

Selasa, 14 Desember 2021 19:09 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy di Forum Nasional Stunting 2021 di Jakarta, Selasa (14/12). (Foto: Dok Kemenko PMK)
Menko PMK Muhadjir Effendy di Forum Nasional Stunting 2021 di Jakarta, Selasa (14/12). (Foto: Dok Kemenko PMK)

 Sebelumnya 
"Adanya pandemi sangat mengganggu kinerja kita terutama untuk mencapai target itu, kita masih harus kerja keras lagi. Harus lebih dikeraskan kerjanya kalau memang betul-betul pada 2024 tercapai 14 persen," ujarnya.

Muhadjir menerangkan, masalah stunting tidak bisa ditangani sendiri oleh satu pihak seperti pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah saja. Menurutnya, stunting perlu ditangani dan dikeroyok bersama-sama.

"Harus melibatkan kekuatan rakyat semesta dalam perang melawan stunting," cetusnya.

Menurutnya ada lima elemen masyarakat atau pendekatan pentahelix yang harus bergotong-royong untuk mempercepat penurunan stunting.

Baca juga : Listyo Sigit Tekankan PB ISSI Bangun Ekosistem Sport Sepeda

Kelima elemen itu yakni pemerintah, sektor swasta, perguruan tinggi, masyarakat madani, dan media massa. Muhadjir menerangkan, masing-masing elemen memiliki peran yang penting.

Pertama, pemerintah pusat atau daerah menjadi leading sector dalam mempercepat penurunan stunting melalui regulasi dan program-program dari Kementerian/Lembaga di pusat atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di daerah.

Kedua, sektor swasta berperan mendukung penanganan stunting melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Ketiga, perguruan tinggi melalui akademisi dan keilmuannya harus menopang menjadi daya dukung dalam penanganan stunting.

Baca juga : Lawan Laos, Shin Tae-yong Yakin Kekuatan Timnas

Keempat, masyarakat madani melalui kelompok filantropi yang memiliki kemammpuan melakukan tugas altruis yang bersedia bergotong-royong menangani stunting. Kelima, media massa menjadi pendukung dalam membwrikan pemahaman kepada masyarakat.

"Pentahelix ini sudah menunjukkan kemanjurannya dalam mengatasi Covid-19," ucapnya.

Muhadjir mengatakan, gotong royong antar elemen harus terus dikembangkan dan semakin dimantapkan untuk perang melawan stunting ini.

Dia berpesan kepada pemerintah daerah untuk memaksimalkan kekuatan pentahelix dalam penanganan stunting di masing-masing daerah dan mencapai target Presiden.

Baca juga : Besok Lawan Laos, Elkan Siap Berikan Kemenangan Buat Skuad Garuda

"Pesan saya kepada kepala daerah. Marilah galang kekuatan pentahelix di masing-masing daerah. Libatkan perguruan tinggi, libatkan sektor swasta, ormas, dan juga libatkan media," pungkas Muhadjir. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.