Dark/Light Mode

Balai Sertifikasi Elektronik Luncurkan Aplikasi BeSign

Senin, 20 Desember 2021 17:53 WIB
Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melalui Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) meluncurkan aplikasi BeSign.  (Foto: Ist)
Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melalui Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) meluncurkan aplikasi BeSign. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melalui Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) meluncurkan aplikasi BeSign. Aplikasi ini menjadi inovasi terbaru dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan pengguna layanan BSrE untuk membuat dokumen sah secara elektronik.

Mulai dari tanda tangan elektronik hingga verifikasi dokumen elektronik yang dapat dilakukan dalam satu genggaman. Hadir dalam peluncuran aplikasi tersebut Kepala BSrE Jonathan Gerhard Tarigan bersama Kepala BSSN Hinsa Siburian dan Plt. Kepala BKN Bima Haria Wibisana.

Baca juga : Vaksinasi Booster Di Australia Diluncurkan Hari Ini

Jonathan mengatakan, pemanfaatan Sertifikat Elektronik menjadi sebuah kerangka penting dalam pengamanan transaksi elektronik yang dapat memberikan jaminan aspek kerahasiaan, keutuhan, keaslian dan anti penyangkalan.

"Kami berupaya memberikan layanan yang mencakup penerbitan dan pengelolaan sertifikat elektronik untuk memenuhi aspek-aspek keamanan pada informasi elektronik yang dikelola, dipertukarkan, dan disimpan pada sistem pemerintahan berbasis elektronik," ujarnya, di Jakarta, Senin (20/12).

Baca juga : Bidan Punya Peran Strategis Edukasi Calon Ibu Turunkan Angka Stunting

Menurutnya, saat ini BSrE telah melakukan kerjasama dengan lebih dari 380 instansi yang terdiri dari instansi pemerintah pusat, pemerintah daerah, perguruan tinggi dan BUMN.

Adapun, sertifikat elektronik yang telah diterbitkan sistem BSrE berjumlah 180 ribu sertifikat elektronik, dengan rata-rata lebih dari 500 ribu transaksi setiap harinya.

Baca juga : Emil Dardak: Demokrasi Ketimuran Harus Dilandasi Kesantunan

"Setiap tahunnya kami senantiasa berinovasi dengan mengembangkan aplikasi sertifikat elektronik sesuai kebutuhan dan permintaan pengguna. Inovasi dan pembaruan pada produk karya mandiri merupakan wujud kontribusi nyata BSrE dalam memberikan layanan prima kepada pengguna," beber Jonathan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.