Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BPOM Terbitkan Izin Darurat 5 Vaksin Covid Untuk Booster

Senin, 10 Januari 2022 18:21 WIB
Kepala BPOM Penny Lukito dalam keterangan pers izin darurat terhadap lima jenis vaksin Covid-19 untuk booster, Senin (10/1). (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Kepala BPOM Penny Lukito dalam keterangan pers izin darurat terhadap lima jenis vaksin Covid-19 untuk booster, Senin (10/1). (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk lima produk vaksin Covid-19, yang digunakan sebagai vaksin dosis lanjutan atau booster.

“Pada hari ini  kami melaporkan, ada lima vaksin yang telah mendapatkan emergency use authorization, tentunya sebelum mendapatkan emergency use authorization dari BPOM telah melalui proses evaluasi bersama para tim ahli Komite Nasional Penilai Vaksin (Covid-19) dan telah mendapatkan rekomendasi memenuhi persyaratan yang ada,” ujar Kepala BPOM Penny K. Lukito dalam keterangan persnya, Senin (10/1).

Kelima vaksin Covid-19 yang telah mendapat izin penggunaan darurat dari BPOM, untuk digunakan sebagai vaksin booster yaitu vaksin CoronaVac produksi PT Bio Farma, vaksin Pfizer, vaksin AstraZeneca, vaksin Moderna, dan vaksin Zifivax.

Baca juga : JPH Bisa Sukseskan Program Vaksinasi Booster

Penny menambahkan, masih terdapat beberapa vaksin yang tengah diuji klinik, untuk memperoleh EUA sebagai vaksin dosis lanjutan.

“Ada juga beberapa yang sedang uji klinik vaksin booster, yang masih berlangsung. Dalam waktu beberapa hari ini, juga bisa kita putuskan emergency use authorization-nya,” tutur Penny.

Kepala BPOM menerangkan, vaksin booster dapat diberikan kepada kelompok masyarakat dengan kriteria usia 18 tahun ke atas.

Baca juga : Gratiskan Vaksin Booster Dong

Vaksin booster diberikan minimal enam bulan dari vaksin primer dosis lengkap.

Penny menerangkan, vaksin CoronaVac produksi PT Biofarma adalah untuk booster homolog dengan dosis sebanyak satu dosis.

“(Hasil uji) imunogenisitas menunjukkan peningkatan titer antibodi netralisasi hingga 21-35 kali, setelah 28 hari pemberian vaksin booster ini pada subjek dewasa,” paparnya.

Baca juga : Pekerja Rentan Kena Corona Kudu Dapat Vaksin Booster Gratis

Kedua, vaksin Pfizer atau Comirnaty juga untuk booster homolog dengan dosis sebanyak satu dosis.

"(Hasil uji) imunogenisitas menunjukkan peningkatan nilai rata-rata titer antibodi netralisasi setelah 1 bulan (pemberian booster) sebesar 3,3 kali,” terangnya.

Ketiga, vaksin AstraZeneca juga bersifat homolog dengan dosis sebanyak satu dosis.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.