Dark/Light Mode

Gus Halim: Besarnya Potensi BUMDes Perlu Didukung Kualitas Pengelola

Rabu, 23 Februari 2022 16:56 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)

 Sebelumnya 
Mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini menilai kualitas pengelola menjadi kunci kemajuan BUM Desa. Karena itu, saat ini Kemendes PDTT berupaya serius mendorong peningkatan kualitas penggiat desa termasuk pengelola BUM Desa melalui program Rekoginisi Pengetahuan Lampau Desa (RPL Desa).

"Dengan program ini maka Kepala desa, perangkat desa, anggota BPD, pengelola BUM Desa, pendamping desa, dan pegiat pemberdayaan masyarakat desa akan difasilitasi untuk menempuh pendidikan lanjut pada jenjang D4/S1, S2, bahkan S3 dengan skema yang ditentukan," tutur Gus Halim.

Baca juga : KPK Panggil Tersangka Korupsi Proyek Jalan Di Buru Selatan

Dalam konteks inilah, kata Gus Halim Politeknik STIA LAN Jakarta dapat berpartisipasi menjadi salah satu medium untuk meningkatkan kualitas Pendidikan dari penggiat desa.

Sebagai kampus berkualitas STIA LAN akan berperan penting dalam meningkatkan cakrawala pengetahuan para penggiat desa.

Baca juga : Menteri BUMN Dukung Pembentukan Panja Penyelamatan Garuda

"Kita sedang melakukan RPL. Nanti bisa juga LAN membuka program itu yaitu memberikan penghargaan atas pengalaman pendidikan formal, informal, nonformal bahkan pengalaman kerja untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," beber Gus Halim.

Kemendes PDTT tengah memproses beasiswa yang dikeluarkan Kabupaten Bojonegoro untuk para pegiat desanya, yang bekerja sama dengan beberapa kampus negeri. "Saya harap LAN akan berpartisipasi dalam program ini," imbuhnya.

Baca juga : Wujudkan Indonesia Emas, Generasi Muda Perlu Kuasai Teknologi

Permintaan ini disambut positif Kepala LAN RI Adi Suryanto. Dia juga menyatakan, lembaga pemerintahan dan perguruan tinggi harus bersinergi dan berkolaborasi.

"Lembaga Administrasi Negara beserta para pendukungnya seperti Politeknik STIA akan memberikan dukungan sepenuhnya terhadap pembangunan desa. Kerjasama formal yang telah berjalan dengan baik akan selalu kami upayakan keberlanjutannya," jelas Adi Suryanto. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.