Dark/Light Mode

Cegah Korupsi Di Lingkungan Perguruan Tinggi, KPK Luncurkan Menu JAGA Kampus

Rabu, 23 Februari 2022 17:22 WIB
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam peluncuran menu baru JAGA Kampus pada platform Jaringan Pencegahan Korupsi (JAGA), Rabu (23/2). (Foto: YouTube KPK)
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam peluncuran menu baru JAGA Kampus pada platform Jaringan Pencegahan Korupsi (JAGA), Rabu (23/2). (Foto: YouTube KPK)

 Sebelumnya 
Diungkapkannya, Kemendikbudbristek tengah mendorong perguruan tinggi di Indonesia untuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH). "Sejauh ini, sudah ada 16 Perguruan tinggi yang menjadi PTNBH," ungkapnya. 

Ia memaparkan, jika Perguruan tinggi menjadi PTNBH, maka akan memiliki otonomi yang lebih besar untuk pengelolaan pembelajaran maupun manajemen kampusnya. Sehingga harus lebih bertanggung jawab, transparan, dan berintegritas.

Baca juga : Korupsi Kian Canggih, KPK Tingkatkan Kompetensi Calon Penyelidik Dan Penyidik KPK

JAGA Kampus menampilkan profil perguruan tinggi, informasi dosen, mahasiswa, anggaran, serta pemasukan dan pengeluaran PTNBH. Semua itu bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas PTNBH.

Ia berpesan kepada rektor dan dosen Perguruan tinggi, untuk membantu mewujudkan dunia kampus yang berintegritas. Salah satunya dengan merancang mata kuliah antikorupsi.

Baca juga : Hadirkan Produk Multifungsi, Tupperware Luncurkan ‘PremiaGlass’

"Untuk mewujudkan Indonesia yang bebas korupsi, bisa dimulai dari kampus yang bersih, transparan, dan akuntabel. Mari bergerak serentak," ajak Nadiem.

JAGA.ID sebagai platform pencegahan korupsi yang diinisiasi oleh KPK, memiliki komitmen untuk terus berinovasi dalam meningkatkan partisipasi publik untuk mendorong keterbukaan pada kementerian, lembaga, dan pemerintah. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.