Dark/Light Mode

Cuma Sehari, Masalah Administrasi KUR Taxi Alsintan Langsung Beres

Jumat, 25 Februari 2022 17:49 WIB
Direktur Alsintan Kementan Andi Nur Alam Syah bersama Deputi II Gubernur Sumsel Ekowati Ratna Ningsih secara simbolis menyerahkan Alsintan KUR Taxi Alsintan di Palembang, Kamis (24/2). (Foto: Istimewa)
Direktur Alsintan Kementan Andi Nur Alam Syah bersama Deputi II Gubernur Sumsel Ekowati Ratna Ningsih secara simbolis menyerahkan Alsintan KUR Taxi Alsintan di Palembang, Kamis (24/2). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Deputi II Pemerintah Provinsi Sumsel, mewakili Gubernur Sumsel Herman Deru, Ekowati Ratna Ningsih berharap perhatian Kementan untuk alsintan bisa terus lancar.

"Walau dikatakan tadi kita leading terhadap alsintan ini tapi jangan bosan pak. Yang leading ini jangan sampai mundur lagi," katanya.

Baca juga : Gus Halim: Harus Ada Mitigasi Kendala Administratif Pencairan Dana Desa

Ratna Ningsih menuturkan, bantuan alsintan ini memang sangat dibutuhkan oleh petani di wilayahnya. Dia yakin, melalui bantuan ini, petani-petani Sumsel bisa meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian miliknya sehingga Sumsel yang sekarang ini di posisi lima penghasil beras, bisa naik menjadi nomor 4.

"Karena itu kita tidak bisa lagi kerja busines as usual karena perbedaan provisinya cukup besar untuk mencapai posisi 4 tersebut," tegasnya.

Baca juga : Petani & Pelaku Usaha Sumsel Antusias Sambut Taxi Alsintan Kementan

Ratna juga memberikan apresiasi atas kinerja Direktorat Alsintan dalam memacu pertanian di Sumsel. Walau anggaran alsintan setiap tahun terus menurun, namun kebutuhan dan penggunaan alsintan di kalangan petani tetap tinggi.

"Itu prestasi pak Direktur. Artinya, petani makin mandiri. Tidak lagi mengandalkan bantuan-bantuan kementerian tetapi bisa mandiri melalui KUR," lanjutnya.

Baca juga : Nggak Pakai Lama, 3 Bulan Setelah Vaksinasi Primer, Lansia Bisa Langsung Booster

Lebih lanjut, dia menuturkan Sumsel termasuk wilayah yang mengakses KUR pertanian yang terbilang cukup tinggi. Berdasarkan data rekap KUR Sumsel tahun 2020, KUR di sektor pertanian memiliki debutir terbanyak dibanding sektor-sektor lain.

Setidaknya ada 52.748 debitur yang mengakses KUR pertanian di 2020. Angka ini meningkat hampir 40 persen jika dibandingkan 2019 yang mencapai 39525 debitur. "Di tahun 2022 ini tentunya akan lebih meningkat lagi," jelasnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.