Dark/Light Mode

Serangan Senjata Di Papua

8 Pekerja Palapa Tower Timur Wafat, Menkominfo Berduka

Jumat, 4 Maret 2022 20:22 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. (Foto: Istimewa)
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada keluarga dari pekerja PT Tower Palapa Timur Telematika (PT PTT) yang menjadi korban insiden dan serangan senjata di Distrik Mulia, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua.

Insiden itu terjadi Rabu (2/3) sekitar pukul 03.00 WIT berlokasi di Site Repeater B3 (CO 53M 756085 9585257). Dalam insiden keamanan pada Site Repeater B3 tersebut, terjadi penyerangan terhadap 9 pekerja PTT yang mengakibatkan  8 karyawan langsung meninggal dunia di tempat.

Baca juga : BI Dan Bank Sentral Singapura Kerja Sama Anti Pencucian Uang

Selain timbulnya korban jiwa, insiden keamanan tersebut mengakibatkan kerusakan beberapa bangunan, serta infrastruktur fisik di sekitar Site Repeater B3.                 

Sejak Kamis (3/3) hingga saat ini PT PTT sedang dalam proses evakuasi para pekerja PT PTT baik korban yang meninggal maupun seorang staf yang selamat dari Site Repeater B3 dengan memperhatikan situasi keamanan dan keadaan cuaca setempat.

Baca juga : Diserang Covid-19, Enam Sekolah Di Jakarta Timur Hentikan PTM

Untuk memperlancar proses evakuasi sedang dilakukan koordinasi dengan aparat keamanan dan berbagai pihak terkait di Papua.                

"Kami sangat mengecam insiden pembunuhan dan tindakan kekerasan fisik yang akibatkan hilangnya nyawa para pekerja dan teknisi lapangan PT PTT di tengah upaya menjalankan tugas melakukan percepatan pemerataan konektivitas digital di Indonesia dan secara khusus di Papua," kata Johnny di Jakarta, Jumat (4/3).

Baca juga : 4 Orang Yang Kena OTT Di Penajam Paser Utara Tiba di Markas KPK

Dia berharap, penegakan hukum dan pemulihan keamanan dapat segera dilakukan oleh pihak yang berwenang.

"Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama tetap menjaga dan menciptakan situasi yang aman agar pembangunan infrastruktur telekomunikasi dapat dilakukan dengan lancar di Papua," tandas Menkominfo. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.