Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Orang Tua Kudu Cermat Bedakan

Gejala Hepatitis Akut Dengan Covid

Jumat, 20 Mei 2022 07:40 WIB
Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi. (Foto: Dok. BNPB)
Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi. (Foto: Dok. BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta orang tua lebih cermat membedakan tanda-tanda penyakit hepatitis akut dan penularan Covid-19 pada anak. Hal ini bisa menyelamatkan nyawa anak.

“Jangan menunda. Kalau Covid-19, demam menjadi tanda. Tapi kalau di hepatitis, yang menjadi tanda adalah gangguan saluran pencernaan,” terang Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi.

Baca juga : Kemenkes: Istilah Korban Kasus Hepatitis Akut Seperti Covid-19

Hal itu diungkapkannya dalam Talk Show Ngopi Bareng bertajuk “Perkembangan Covid-19 di Indonesia” yang diikuti secara daring di Jakarta, kemarin.

Gangguan saluran pencernaan pada anak yang menjadi gejala hepatitis, di antaranya mual, muntah, dan diare yang tidak diketahui penyebabnya.

Baca juga : Diumumkan Kemenkes, Total Kasus Hepatitis Akut Misterius Di RI Jadi 14

Sementara untuk gejala berat, berupa buang air kecil berwarna cokelat pekat seperti teh dan feses berwarna putih seperti pasir.

Satu hal yang menjadi kesamaan tanda dari kedua penyakit tersebut, katanya, demam. Tapi, demam pada hepatitis bersifat lebih ringan. Sedangkan pada Covid-19 dapat mencapai suhu yang tinggi diikuti dengan batuk, pilek, serta kehilangan indera penciuman.

Baca juga : WHO Peringatkan China Soal Strategi Nol Covid

“Pada hepatitis, jangan tunggu anak sampai sudah kuning baru dibawa ke rumah sakit,” ingatnya.

Untuk mencegah potensi lebih banyak anak terkena hepatitis akut, dia mengimbau orang tua bersikap lebih waspada. Penularan penyakit hepatitis sebagian besar berasal melalui makanan (fecaloral) dan sebagian kecil melalui udara. Orang tua pun diimbau memberikan pemahaman pada anak arti dari pentingnya hidup sehat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.