Dark/Light Mode

BP2MI Minta Kemenaker Tegas Berantas Mafia Pahlawan Devisa

Jumat, 20 Mei 2022 14:18 WIB
Kepala BP2MI Benny Rhamdani saat memberikan konferensi pers di kantor BP2MI, Pancoran, Jakarta, Kamis (19/5). (Foto: Ist)
Kepala BP2MI Benny Rhamdani saat memberikan konferensi pers di kantor BP2MI, Pancoran, Jakarta, Kamis (19/5). (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Kemudian, pemalsuan dokumen yang terjadi di UPT BP2MI Jawa Barat diduga dilakukan oleh P3MI Insan Karya Mandiri Utama. Modusnya berupa pemalsuan tanda tangan dan cap salah satu staf UPT BP2MI Jabar pada dokumen legalisir SPBP CPMI atas nama Juernawati.

Baca juga : DPR Gelar Raker Pengambilan Keputusan Tahapan Pemilu 2024 Senin Depan

"Atas penjelasan beberapa kasus tersebut di atas, BP2MI menilai dugaan pemalsuan tersebut merupakan kejahatan yang tidak bisa ditolelir dari sisi hukum maupun dari sisi perlindungan kepada para PMI," tutur Benny.

Baca juga : Puan Minta Pemerintah Gercep Atasi PMK Demi Kelancaran Pasokan Daging Saat Idul Adha

Selain mengajukan rekomendasi pencabutan izin bagi P3MI yang terlibat, saat ini BP2MI telah bersurat kepada TETO untuk melakukan penolakan terhadap pengajuan visa dengan dokumen bodong dan pembatalan terhadap visa-visa yang telah terlanjur dikeluarkan. Mereka juga segera melakukan koordinasi dengan Mabes Polri terkait proses hukum atas kasus tersebut.

Baca juga : PRIMA Serukan Pilpres Bebas Dari Polarisasi

"BP2MI akan tegak lurus pada konstitusi untuk memberikan perlindungan menyeluruh dari ujung kaki hingga ujung rambut pada pekerja migran Indonesia," tutupnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.