Dark/Light Mode

Cegah Korupsi Dana Bansos

Menteri Agus Gumiwang Undang KPK Ke Kantornya

Selasa, 18 Desember 2018 14:30 WIB
D
itemani Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif (kiri), Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita (tengah) menjawab pertanyaan wartawan usai membuka Workshop Anti Korupsi dalam memperingati Hari Anti Korupsi Internasional tahun 2018, di kantor Kementerian Sosial, Jakarta, Senin (17/12). (Foto: Istimewa)
D itemani Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif (kiri), Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita (tengah) menjawab pertanyaan wartawan usai membuka Workshop Anti Korupsi dalam memperingati Hari Anti Korupsi Internasional tahun 2018, di kantor Kementerian Sosial, Jakarta, Senin (17/12). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Menurut Mensos, langkah-langkah Kemensos ini merupakan bentuk nyata tekad pemerintah yang berusaha keras memerangi korupsi dengan berbagai cara. Beberapa strategi yang dapat dilakukan dalam mem¬berantas tindak pidana korupsi adalah melalui upaya preventif, represif dan kuratif. 

Dari beberapa strategi tersebut, upaya pencegahan atau preventif merupakan upaya memberantas korupsi yang paling murah dan efektif.  “Melalui strategi pencegahan, diharapkan muncul langkah berkesinambungan yang berkontribusi bagi perbaikan ke depan,” kata Mensos.

Baca juga : Ketum PPP Sebut Yaya Purnomo Makelar Kepala Daerah

Namun, Agus mengakui, tantangan yang dihadapi Kemensos semakin besar seiring dengan meningkatnya nilai anggaran Kementeriannya, khususnya pada belanja bansos, di Program Penanganan Fakir Miskin melalui Program Keluarga Harapan (PKH), program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), beras sejahtrera (Rastra) dan lainnya.

“Sesuai arahan Bapak Presiden RI pada acara Jambore SDM PKH di Istana Negara, akan ada penambahan jumlah KPM pada tahun 2020. Hal ini memerlukan perhatian dan keseriusan dari kita semua untuk dapat mengendalikan dan mengawasi agar tidak terjadi penyimpangan,” kata Mensos.

Baca juga : Penuhi Panggilan KPK, Boediono Irit Bicara

Mensos menyatakan, komitmennya untuk terus mengawal pengelolaan anggaran dalam mewujudkan clean and good governance, sebagaimana sudah ditunjukkannya sejak awal menjabat. Seminggu menjabat, Mensos telah beraudiensi dengan KPK untuk mengawal penyelenggaran program kesejahteraan sosial. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.