Dark/Light Mode

Kepala BNPT Ajak 6.576 Praja IPDN Jadi Garda Terdepan Jaga NKRI Dari Ideologi Radikal Terorisme

Senin, 4 Juli 2022 20:15 WIB
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar (kiri) dan Rektor IPDN Hadi Prabowo. (Foto: Humas BNPT)
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar (kiri) dan Rektor IPDN Hadi Prabowo. (Foto: Humas BNPT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar memberikan stadium general alias kuliah umum kepada 6.576 Praja dan seluruh Civitas Academia Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), di Balairung Jenderal Rudini IPDN, Jatinangor, Sumedang Provinsi Jawa Barat pSenin (4/7).

Pemberian kuliah umum dengan tema "Deteksi Dini Modus Perkembangan Gerakan Radikalisme" ini diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan Praja IPDN atas ancaman nyata radikal terorisme yang mengancam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Baca juga : Kepala BNPT Minta Praja IPDN Deteksi Dini Gerakan Radikalisme

Dengan adanya pengetahuan kewaspadaan terkait radikalisme dan terorisme, Praja IPDN dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga NKRI dari pengaruh buruk ideologi radikal terorisme.

"Praja diharapkan dapat menjadi garda menjaga NKRI dari berbagai pengaruh buruk ideologi radikal terorisme," jelasnya.

Baca juga : Kepala BNPT: Soft Opening KTN Garut Bukti Negara Hadir Lawan Radikalisme Terorisme

Selain pengetahuan dan pemahaman yang baik terkait berbagai bentuk radikalisme dan terorisme, Praja IPDN diingatkan untuk memahami jati diri bangsa Indonesia yang memiliki karakter pluralisme yang kuat di tengah keanekaragaman suku dan agama penduduknya.

"Diharapkan Praja IPDN tidak disorientasi dengan bangsanya. Tetapi dapat berperan selalu mencintai nilai luhur bangsa," tutur Boy.

Baca juga : Menkominfo Ajak Pelajar NTT Jadi Generasi Digital Native

Sementara itu, Rektor IPDN Hadi Prabowo menjelaskan komitmen IPDN dalam menolak paham radikalisme dan terorisme. Menurutnya para Praja IPDN selalu diingatkan akan bahaya radikalisme dan terorisme.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.