Dark/Light Mode

Papua Football Academy Diluncurkan Hari Ini

Jokowi: Mau Kayak Rully Nere? Jalannya Sudah Ada

Rabu, 31 Agustus 2022 09:52 WIB
Presiden Jokowi (tengah) saat meluncurkan Papua Football Academy di Stadion Lukas Enembe, Papua, Rabu (31/8). (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi (tengah) saat meluncurkan Papua Football Academy di Stadion Lukas Enembe, Papua, Rabu (31/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi sangat mengapresiasi Tanah Papua, yang banyak melahirkan talenta berbakat. Khususnya di bidang olahraga sepak bola.

Presiden ke-7 RI itu berkomitmen, untuk membangun SDM di Papua secara maksimal.

"Bulan November tahun lalu, setelah pembukaan PON, saya undang Dirut PT Freeport Pak Tony Wenas untuk datang ke hotel. Saat itu, saya minta komitmen PT Freeport untuk pembangunan SDM di tanah Papua. Saya minta agar fasilitas-fasilitas yang dipakai untuk PON ini bisa terawat dengan baik. Saya minta dibangunkan Akademi Sepak Bola di Papua. Dan hari ini, sudah terwujud yang namanya Papua Football Academy," ungkap Jokowi di tengah peluncuran Papua Football Academy di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (31/8).

 

Baca juga : Jokowi: Bisa Saja, Kalau Istana, Kementerian & Fasilitas Lainnya Sudah Jadi


Setelahnya, Jokowi menyebut nama sejumlah bintang legendaris sepak bola asal Papua. Seperti Rully Nere, yang beberapa kali memperkuat tim Garuda di era 1980-an.

"Rully Nere, ada yang kenal? Oh, Pak Rully ada? Oh, ya, Pak Rully Nere, ada. Kita ingat juga Yohanes Auri, betul? Pak Rully boleh ke sini? Sini Pak Rully, di depan dengan saya, biar pada lihat semuanya," kata Jokowi.

"Ada juga kita ingat Aples Tecuari. Ada juga yang saya ingat, Alexander Pulalo, benar? Kalau orangnya ada, naik ke panggung. Ada juga, yang agak ke sini, Boaz Solossa. Ada juga Elie Aiboy. Kalau ke sini lagi, ada Ramai Rumakiek. Dan, yang saya senang, sering lihat, Ricky Kambuaya. Dulu kalau Pak Rully main, nggak laki, nggak perempuan, semuanya nge-fans. Termasuk, Bu Jokowi ini. Senang sama Pak Rully Nere," imbuhnya.

Tak ingin potensi sepak bola di provinsi paling timur Indonesia itu redup, Jokowi meminta anak-anak Papua untuk serius mengasah kemampuan.

Baca juga : Emang Jokowi Berani Keluarkan Dekrit?

"Ingin seperti legenda-legenda ini? Jalannya sudah ada di depan anak-anakku semuanya, yaitu Papua Football Academy. Untuk meraih prestasi, anak-anak akan digembleng kedisiplinan dan latihan-latihan yang rutin. Serta terus didampingi coach yang memiliki reputasi yang baik. Manfaatkan kesempatan ini dengan baik," papar Jokowi.

Papua Football Academy telah menyeleksi 477 anak. Sekarang, hanya tinggal 30 anak. Ini adalah bibit-bibit talenta yang diseleksi dengan baik. Talenta-talenta berbakat.

"Tidak hanya sepak bola, pendidikan formalnya juga disiapkan. Anak-anak tetap sekolah. Kita harap, mereka menjadi pemain-pemain bola yang memiliki jiwa percaya diri yang kuat, karakter kuat, kompetitif, sportif, serta pandai dan pintar," tutur Jokowi.

"Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, pada pagi hari ini, saya luncurkan Papua Football Academy di Tanah Papua," sambungnya.

Baca juga : AC Milan Dan Juve Main Kaca Mata, Serigala Merah Tembus Zona Eropa

Sebagai tanda peresmian, Jokowi dan seluruh pejabat negara yang hadir di panggung, termasuk Rully Nere memukul alat musik khas Papua: tifa. 

Setelahnya, Jokowi menandatangani buku road map dan bola sepak milik Papua Football Academy. Dilanjutkan dengan kick off, yang disambut oleh para siswa sekolah sepak bola tersebut. Disambut tepuk tangan meriah.

Peluncuran Papua Football Academy juga dihadiri oleh Ibu Iriana Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.  ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.