Dark/Light Mode

Kemenkominfo Bagikan Tips Pemasaran Produk Via Instagram Di Sumatera

Sabtu, 24 September 2022 11:30 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama siberkreasi kembali menggelar webinar untuk wilayah Sumatera dengan tema Konsep Bisnis Digital: Pemasaran Melalui Instagram.

Webinar tersebut dihadiri lebih dari 1.300 orang dari berbagai kelompok masyarakat atau komunitas di wilayah Sumatera dengan menghadirkan tiga praktisi digital sebagai narasumber.

Yakni Rizki Nugroho, Podcaster & Co-Founder Paberik Soeara Rakjat; Syarif Maulana, Business Consultant; serta Bayu Sutjiatmo, Ketua Prodi Perdagangan Internasional Politeknik Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta.

Baca juga : KTT G20, Kominfo Siapkan Fasilitas Media Center

Syarif Maulana jadi pemateri pertama, dia mengatakan aplikasi Instagram merupakan media sosial yang memiliki banyak pengguna. Sehingga, sering dijadikan sebagai platform berjualan dan promosi.

Ia pun membagikan tips berjualan lewat Instagram. Pertama, utamakan berbagi informasi yang jelas sebelum menjual. Kedua, bentuk dan komunikasikan keberadaan usaha atau brand di instagram.

"Ketiga, buat konten yang menarik yang mampu menciptakan engagement kepada pemirsa. Terakhir, selalu konsisten membuat konten yang relevan dengan jati diri brand atau usaha Anda," papar Syarif Maulana.

Baca juga : Kemenkominfo Bagikan Tips Bisnis Digital Di Sumatera

Kemudian, Bayu Sutjiatmo memperkaya pembahasan mengenai konsep pemasaran melalui Instagram ditinjau dari perspektif etika digital.

Dia bilang ada 3 etika yang perlu diperhatikan. Pertama, hindari menggunakan konten produk milik orang lain. Kedua, selalu menyapa dan berkomunikasi dengan baik dan santun kepada konsumen.

"Terakhir, tidak menjelek jelekan produk lain dalam melakukan promosi atau memberikan penjelasan kepada konsumen," jelas Bayu Sutjiatmo.

Baca juga : Wamenag Dan Sejumlah Tokoh Hadiri Pemakaman Prof Azyumardi

Sementara Rizki Nugroho melengkapi pembahasan mengenai konsep pemasaran melalui instagram ditinjau dari perspektif keamanan digital.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.