Dark/Light Mode

Kemenkominfo Kasih Tips Ubah Hobi Menjadi Bisnis

Minggu, 9 Oktober 2022 19:17 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Dalam melakukan bisnis di sosial media, kata Julita, harus waspada terhadap berbagai macam kejahatan seperti peretasan akun, impersonasi, serta konsumen palsu. Untuk melindungi diri dari hal tersebut, dibutuhkan kecakapan keamanan dalam bermedia digital.

Hal itu menjadi penting untuk menjaga kita tetap aman dan nyaman dalam bertransaksi di ruang digital. Ada tiga poin penting yang dibagikan Julita. Cara pertama cukup sederhana, yaitu selalu cek keaslian data dan informasi yang didapat dari internet.

Baca juga : Kemenkominfo Perkuat Literasi Digital Di Bali

“Kedua, cek keaslian lembaga atau instansi. Ketiga, selalu berikan watermark pada setiap konten Anda,” pungkas Julita Hazelianan.

Webinar ini merupakan bagian dari program Indonesia Makin Cakap Digital 2022. Program ini bertujuan membangun wawasan dan pengetahuan masyarakat terkait literasi digital.

Baca juga : Kemenkominfo Gelar Kelas Podcast Disabilitas Di Surabaya

Kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk menghentikan penyebaran berita hoaks sebagai dampak negatif dari penyalahgunaan internet.

Menteri Kominfo, Johnny G. Plate mengatakan pihaknya akan memberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat di tahun 2022. Mereka yang mengikuti program ini akan mendapat sertifikat dan beragam hadiah menarik.

Baca juga : Kemenkominfo Bagikan Tips Pemasaran Produk Via Instagram Di Sumatera

“Kinerja literasi digital pun mulai menunjukkan peningkatan dari segi kualitas. Peluang kecakapan digital tersebut perlu dimanfaatkan secara optimal, mengingat kita memiliki potensi sumber daya manusia yang besar,” ujar Johnny G. Plate. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.