Dark/Light Mode

Kuota Normal, Fasilitas Membaik

Biaya Haji 2023 Dipastikan Naik

Senin, 16 Januari 2023 07:55 WIB
Direktur Bina Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Arsyad Hidayat. (Foto: Kemenag)
Direktur Bina Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Arsyad Hidayat. (Foto: Kemenag)

 Sebelumnya 
“Jadi tidak lagi berpikir pelayanan yang 50 persen tapi sekarang 100 persen, termasuk juga fasilitas pembinaan mana­sik yang dilakukan oleh Pemerintah tetap berpedoman kepada kuota 100 persen,” paparnya.

Kemenag sudah berkomitmen akan menambah pembimbing haji perempuan di tahun 2023.

“Karena ternyata jumlah je­maah haji kita yang perempuan itu lebih banyak daripada jumlah laki-laki dan ini menjadi konsen kita,” tutur dia, menjelaskan alasannya.

Baca juga : Kereta Wisata Mak Itam Dihidupkan Lagi KAI Cs

Kemenag akan melakukan rek­rutmen dengan membuka kesem­patan kepada pembimbing perem­puan untuk mendaftarkan diri.

Pihaknya akan memilih pem­bimbing yang sudah memenuhi persyaratan-persyaratan yang sudah ditentukan.

Sebelumnya, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief mengungkapkan biaya haji tahun ini akan mengalami penyesuaian lantaran. Namun nominalnya masih dipertimbangkan bersama Komisi VIII DPR.

Baca juga : Defisit 2022 Turun Drastis

“Nanti akan coba kami formu­lasikan agar tetap bisa terpenuhi aspek istithaah-nya dan pada saat yang sama kita menerapkan prin­sip bagaimana pembiayaan haji yang berkeadilan dan berkelan­jutan,” ujar Hilman.

Meski demikian, Hilman be­lum merinci berapa penyesuaian harga biaya haji tahun ini. Sebagai perbandingan, untuk nilai BPIH tahun lalu sebesar Rp 39,8 juta per calon jemaah.

Hilman menjelaskan kuota haji sebanyak 221 ribu jemaah bagi Indonesia di tahun ini akan menjadi dasar bagi Kementerian Agama dan Komisi VIII untuk membahas BPIH.

Baca juga : Tarif KRL Naik, Fasilitas Dan Layanan Tingkatkan Dong

Ia mengatakan bakal mengu­payakan formula biaya haji yang proporsional. Upaya ini perlu dilakukan seiring meningkatnya pembiayaan penyelenggaraan ibadah haji.

“Angkanya akan kami for­mulasikan dengan mitra kami di Komisi VIII dengan mem­pertimbangkan berbagai aspek. Mudahan-mudahan kita bisa mendapatkan angka yang baik untuk jemaah dan semuanya,” kata dia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.