Dark/Light Mode

Naik KRL Ke Cikarang, Menhub Resmikan Stasiun Telaga Murni

Selasa, 13 Agustus 2019 21:16 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berbicara dengan penumpang KRL jurusan Cikarang, Selasa (13/8). (Foto: Kemenhub)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berbicara dengan penumpang KRL jurusan Cikarang, Selasa (13/8). (Foto: Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka -
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan stasiun kereta api Telaga Murni di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, kemarin. Ada yang unik, Menhub menaiki kereta commuter line menuju tempat lokasi acara. 

Hadir sekitar pukul 13.15 WIB di stasiun Juanda, Menhub ditemani Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri dan Kepala Balitbang Sugiharjo naik kereta menuju Cikarang pukul 13.40 WIB. Hadir pula vokalis band D'Massiv Rian Ekky Pradipta dan vlogger Farah Fang.

Di dalam kereta, Menhub bertegur sapa dengan penumpang sambil mendengarkan keluh kesah penumpang kereta api jalur Cikarang. Hampir 1 jam perjalanan dikereta sangat dinikmati Menhub. Ngobrol dengan penumpang sangat cair hingga beberapa kali Menhub pindah gerbong. Suasana dalam kereta saat itu juga padat

Baca juga : KPK Kejar Pabrikan Asing Yang Terlibat Suap Garuda

BKS-sapaan akrab Budi Karya mengatakan, peresmian ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan layanan jasa transportasi. Adapun Stasiun Telaga Murni merupakan stasiun yang dibangun atas kerja sama‎ Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi dan PT Fajarputera Dinasti pada tahun 2014. Sementara proses pembangunan dilakukan mulai dari 2015 hingga 2018.

"Pembangunan stasiun kereta ini merupakan kolaborasi APBN dengan peran swasta," katanya.

Mantan Dirut Angkasa Pura ll ini menjelaskan, pembangunan tersebut merupakan pembangunan stasiun yang melibatkan swasta, dalam hal ini pengembang kawasan permukiman di wilayah Kabupaten Bekasi. Lokasi stasiun ini terletak di antara lintas Jakarta-Cikampek, tepatnya antara Stasiun Cibitung dengan Stasiun Cikarang.

Baca juga : Berkabung Sepekan untuk Beji Caid, Presiden Tertua Dunia

Dengan diresmikannya stasiun Telaga Murni, Menhub berencana memperpanjang rute KRL commuter line sampai ke Karawang, Jawa Barat. Saat ini untuk rute timur, jalur KRL hanya sampai Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Menhub mengatakan, untuk merealisasikan rencana tersebut, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan finalisasi pembangunan fisik rel KRL commuter line menuju Karawang. "Nanti Insya Allah (KRL) sampai Karawang," jelasnya.

Menhub menambahkan, finalisasi fisik rel KRL menuju Karawang ditargetkan dapat selesai pada akhir tahun depan. Berdasarkan rencana sementara, rel KRL yang akan dipakai untuk rute tersebut yaitu double track.

Baca juga : Catat Sejarah, Egy Maulana Akan Main di Liga Eropa

"‎(Finalisasi) fisiknya ya akhir tahun depan lah, pakai double track. Kalau Double-Double Track (DDT) cuma sampai Cikarang," ungkapnya.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan, luas tanah Stasiun Telaga Murni sekitar 2.051 meter persegi dengan luas bangunan 2.630 meter persegi. Stasiun ini memiliki fasilitas peron 260 meter untuk melayani 12 rangkaian kereta dengan fasilitas CCTV, petunjuk informasi kereta dan petunjuk jalur penumpang.

"‎Stasiun KA Telaga Murni ini telah dilakukan uji coba pengoperasian sejak 18 Mei 2019 hingga hari ini. Dari hasil uji coba itu telah dilakukan evaluasi secara keseluruhan hingga hari ini Stasiun Telaga Murni dinyatakan laik operasi dan diresmikan," katanya. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :