Dark/Light Mode

Neraca Perdagangan Mengkilap, Ekonomi Tumbuh Di Atas 5 Persen, LNSW Dipuji Menko Airlangga

Jumat, 9 Juni 2023 18:22 WIB
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Instagram/@airlanggahartarto_official)
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Instagram/@airlanggahartarto_official)

RM.id  Rakyat Merdeka - Catatan pertumbuhan ekonomi dan neraca perdagangan masih cukup menggembirakan. Torehan itu, menurut Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto tidak terlepas dari peran Lembaga National Single Window (LNSW) dalam menyederhanakan tata niaga, perizinan dan lainnya.

Sebagai informasi, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih cukup kokoh di kuartal pertama tahun 2023, yakni 5,03 persen (yoy). Itu artinya, sudah sekitar 6 kuartal berturut-turut pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas 5 persen.

Konstribusi pertumbuhan ekonomi ini didominasi oleh Konsumsi domestik, investasi, dan performa ekspor. Performa ekspor yang menggembirakan terlihat dari mengilapnya kinerja Neraca Perdagangan Indonesia (NPI) yang telah surplus selama 36 bulan berturut-turut sejak Mei 2020. Untuk diketahui, pada April 2023 saja NPI surplus di angka 3,94 miliar dolar Amerika.

Baca juga : Sri Mulyani Mencium Aroma Ketidakpastian

Capaian itu, menurut Airlangga tidak lepas dari peran LSNW. Dimana sejak tahun 2010 membentuk Indonesia Single Window (ISW) untuk menjaga kinerja perdagangan Indonesia dari sisi ekspor dan impor.

Lembaga ini pula yang melakukan penyederhanaan tata niaga ekspor-impor, integrasi proses bisnis Perizinan Berusaha Ekspor-Impor, peningkatan pengawasan PNBP Minerba, hingga penyelenggaraan sistem aplikasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dilakukan melalui INSW.

Hal itu disampaikan Airlangga di acara Peringatan Hari Jadi Lembaga National Single Window dengan tema “Sinergi dalam rangka Transformasi Layanan Publik untuk Indonesia Maju”.

Baca juga : TKDN Pertamina Tembus 60 Persen, Nilainya Rp 22,3 T

“Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh jajaran LNSW yang telah berperan besar melakukan reformasi dan transformasi layanan publik, khususnya melalui Sistem dan Portal Nasional, yang terintegrasi secara elektronik,” puji Menko Airlangga, di Jakarta, Jumat (9/6).

Ia menambahkan, penguatan kelembagaan INSW dari semula yang berbentuk Pengelola Portal INSW dan kemudian menjadi LNSW, juga telah menunjukkan kinerja baik.

Hal tersebut diantaranya dapat dilihat dari angka dwelling time di 2017 yang masih berada di 4,06 hari dan terus mengalami perbaikan hingga menjadi 2,84 hari pada 2022.

Baca juga : Proposal Perdamaian Menhan Prabowo: Dipuji Belanda, Ditolak Ukraina

“Hal itu menunjukan adanya perbaikan signifikan pada sektor logistik kita. Oleh karena itu, pada peringatan hari jadi LNSW kali ini, saya berpesan agar sistem INSW tidak hanya sekedar men-digitalisasi layanan atau proses bisnis yang sudah ada. Lebih dari itu Sistem INSW harus terus mampu mewujudkan harmonisasi dan sinkronisasi, simplifikasi, dan standardisasi,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.