Dark/Light Mode

Resmikan Rumah Sakit Citra Arafiq

Airlangga: Awal Peningkatan Kesehatan Di Bantargebang

Kamis, 10 Agustus 2023 07:30 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membuka sekaligus meresmikan Rumah Sakit Citra Arafiq di Bekasi, Jawa Barat, kemarin. (Foto: ekon.go.id)
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membuka sekaligus meresmikan Rumah Sakit Citra Arafiq di Bekasi, Jawa Barat, kemarin. (Foto: ekon.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membuka sekaligus meresmikan Rumah Sakit Citra Arafiq di Bekasi, Jawa Barat, kemarin.

Hadir juga dalam acara terse­but Direktur Utama PT Citra Arafiq, Plt. Deputi Bidang Koor­dinasi Pengembangan Usaha BUMN, Riset dan Inovasi Ke­menko Perekonomian, serta jajaran Rumah Sakit Citra Arafiq Bekasi.

“Dengan mengucapkan Bis­millahirrahmanirrahim, peres­mian ini menjadi awal pening­katan kesehatan. Khususnya di Kecamatan Bantargebang, Bekasi,” kata Airlangga.

Baca juga : Orang Muda Ganjar Beri Layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Untuk diketahui, Rumah Sakit Citra Arafiq merupakan rumah sakit umum tipe C atau faskes tingkat dua berkapasitas 180 tempat tidur, yang merupakan program unggulan pelayanan kesehatan untuk ibu dan anak.

Dalam kesempatan itu, Air­langga mengatakan, pandemi Covid-19 telah membuka mata seluruh pihak tentang penting­nya kekuatan dan kemandirian pada sektor kesehatan.

Hal ini membuat negara-negara di dunia, termasuk Indonesia semakin memprioritaskan sektor kesehatan dengan meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana yang mumpuni.

Baca juga : JK: Airlangga Jenderal Perang Golkar Di Pemilu 2024

Ketua Umum Partai Gol­kar ini menegaskan, keterse­diaan rumah sakit di masing-masing kota/kabupaten menjadi hal krusial.

Ditambah, ketersediaan tem­pat tidur serta fasilitas lain seperti IGD, Ruang Isolasi dan Ruang Perawatan Intensif juga perlu diperhatikan lebih lanjut.

Berdasarkan data per 6 Agus­tus 2023, jumlah rumah sakit di Provinsi Jawa Barat mencapai 399 rumah sakit, dengan total tempat tidur sebanyak 57.250. Jumlah ini merupakan terbanyak kedua setelah Jawa Timur.

Baca juga : RS Premier Jatinegara Dukung Peningkatan Kesehatan Anak Dan Ibu Hamil

Pembangunan rumah sakit ini, kata Airlangga, diharapkan dapat memberikan multiplier effect. Seperti penurunan tingkat pengangguran serta pergerakan sektor UMKM di sekitar rumah sakit, yang tentunya akan men­dukung pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.