Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sidang Kabinet Terakhir Penuh Canda Tawa

Jokowi : PR Masih Banyak

Jumat, 4 Oktober 2019 09:29 WIB
Usai sidang kabinet, anggota Kabinet Kerja foto bersama dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (2/10). (Foto: Randy Tri Kurniawan/Rakyat Merdeka).
Usai sidang kabinet, anggota Kabinet Kerja foto bersama dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (2/10). (Foto: Randy Tri Kurniawan/Rakyat Merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menggelar Rapat Kabinet terakhir untuk Kabinet Indonesia Kerja jilid I, di Istana Negara, Jakarta, kemarin.

Suasana rapat ini terasa santai, hangat, dan penuh tawa. Di awal rapat, para menteri bercengkerama, sambil bercanda.

Di akhir rapat, mereka salam-salaman lalu berfoto ria bareng Presiden untuk dijadikan kenang-kenangan.

Dalam rapat pamungkas itu, Jokowi berpesan, sudah banyak yang dilakukan pemerintah dalam 5 tahun terakhir. Namun, jangan dulu berpuas diri karena PR masih banyak.

Baca juga : Jokowi: Kerusuhan Wamena Bukan Konflik Etnis

Rapat kabinet ini dimulai pukul 14.45. Agendanya adalah evaluasi Pelaksanaan RPJMN 20142019 dan Persiapan Implementasi AP BN Tahun 2020.

Sepuluh menit sebelum acara dimulai, satu persatu menteri tiba di ruangan. Ada Menkopolhukam, Wiranto; Menko Kemaritiman, Luhut Pandjaitan; dan Menko Perekonomian, Darmin Nasution.

Terlihat juga Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko; Menteri Keuangan, Sri Mulyani; Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro; Menkominfo Rudiantara; dan Mensos, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Sedangkan kursi yang biasa ditempati Menko PMK, Puan Maharani, berganti Menlu, Retno Marsudi. Puan dan Yasonna Laoly beberapa hari lalu mundur awal lantaran terpilih jadi anggota DPR.

Baca juga : Serahkan Mandat Ke Anwar, Mahathir Masih Main Petak Umpet

Sehari sebelumnya, Seskab, Pramono Anung, mengatakan, rapat kabinet kemarin adalah yang terakhir di masa pemerintahan Jokowi-JK. Mungkin itu yang bikin wajah para menteri terlihat santai.

Karena merasa tak ada beban di masa bakti yang tinggal 15 hari lagi. Kesan santai itu misalnya tampak pada penampilan Luhut.

Luhut tampil dengan batik lengan pan jang abu-abu dengan peci hitam. Baru kali ini Luhut terlihat mengenakan peci hitam.

Penampilan Luhut ini sepertinya menggelitik Wiranto, yang duduk di sampingnya. Dia terlihat berbincang dengan Luhut sambil menunjuk foto Bung Karno yang terpajang di salah satu sudut ruangan.

Baca juga : Disaksikan Mega, Puan Terima Pin Tanda Kehormatan Dari Lemhanas

Sepertinya, Wiranto sedang mengomentari penampilan Luhut yang mirip Bung Karno, yang sama-sama pakai peci hitam. Luhut terlihat tertawa. Wiranto juga kemudian tertawa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.