Dark/Light Mode

Tangkal Hoaks Pemilu

Budi Arie Keluarin Jurus BAS

Sabtu, 3 Februari 2024 07:30 WIB
Menkominfo Budi Arie Setiadi. (Foto: Antara)
Menkominfo Budi Arie Setiadi. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Dosen Ilmu Hukum Univer­sitas Agung Podomoro Afdhal Mahatta menjelaskan, ada tiga cara sederhana agar tidak ter­jebak hoaks di media sosial. Ketiga cara ini mengedepankan etika di era digital.

Pertama, melalui keteladanan (role modeling). Kedua, pem­biasaan (conditioning). Ketiga, pengajaran atau teaching.

Afdhal mengungkapkan, pengguna media sosial berjumlah 68,9 persen, pengguna intern mencapai 77 persen dan pengguna telepon genggam sebanyak 133 persen dari total populasi Indonesia. Karena itu, teknologi informasi saat ini men­jadi pedang bermata dua.

Baca juga : Budi Arie Kerahkan Satker

“Kontribusi terhadap kema­juan dan juga perbuatan mela­wan hukum seperti penyebaran hoaks paling cepat,” tuturnya.

Afdhal juga turut menjelas­kan sejumlah cara mengenali informasi hoaks. Pertama, judul informasi bersifat provokatif.

Kedua, konten tersebut tidak sesuai antara isi dan judul. Ke­tiga, konten disebarkan atau di­publikasikan melalui situs yang tidak tepercaya.

Baca juga : TPN 03 Luncurin 4 Aplikasi

Dari sisi aturan, Afdhal menu­turkan, ada aturan hukum terkait informasi hoaks di Indonesia, yaitu Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2023 tentang KUHP.

Pasal 263 ayat (1) UU itu menyebutkan, Setiap orang yang menyiarkan atau menyebarluas­kan berita atau pemberitahuan padahal diketahuinya bahwa berita atau pemberitahuan terse­but bohong yang mengakibatkan kerusuhan dalam masyarakat, dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 tahun atau pidana denda paling banyak kategori V.

“Dalam menangani informasi hoaks, Kemenkominfo terus melakukan koordinasi dengan pihak lain. Jadi, ada fungsi pre­ventif dan edukatif,” katanya.

Baca juga : Tinggalkan Hoaks, Sambut Pemilu 2024 Dengan Suka Cita Tanpa Kebencian

Anggota Komisi I DPR Fadhlullah berharap Pemilu 2024 bisa berjalan damai, aman dan jujur. Sebab, di tengah tahun politik, disinformasi dan konten hoaks semakin marak.

“Kita berharap 14 Februari berjalan tenang, damai, aman dan jujur,” harapnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 3/2/2024 dengan judul Tangkal Hoaks Pemilu, Budi Arie Keluarin Jurus BAS     

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.