Dark/Light Mode

Jokowi Resmikan Bendungan Lolak Di Sulawesi Utara

Ingat, Urusan Air Tak Bisa Dikesampingkan

Sabtu, 24 Februari 2024 07:30 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Bendungan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, Jumat (23/2/2024). (ANTARA/Karel A Polakitan/aa)
Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Bendungan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, Jumat (23/2/2024). (ANTARA/Karel A Polakitan/aa)

 Sebelumnya 
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meyakini, beragam bendungan dengan nilai investasi Rp 2 triliun ini bisa menjadi percontohan pem­bangunan Bendungan lainnya.

Dengan kian banyaknya pem­bangunan infrastruktur seperti Bendungan Lolak, Indonesia mampu mengelola sumber dayanya dengan lebih efektif. Mendukung pertanian, mengu­rangi risiko bencana alam, dan memajukan produksi energi bersih bagi seluruh rakyatnya.

“Ini tidak hanya akan me­ningkatkan ketersediaan air dan energi, juga memastikan Indonesia dapat menghadapi tantangan masa depan dengan sumber daya yang lebih baik dan lebih berkelanjutan,” harapnya.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Bob Arthur Lombogia menam­bahkan, Bendungan Lolak ini dibangun tahun 2015 dan diselesaikan pada tahun 2023. Ada banyak manfaat teknis yang dimiliki bendungan ini.

Baca juga : Bawaslu Belum TemukanPelanggaran Bersifat TSM

“Salah satunya sebagai sum­ber air baku untuk Kecamatan Lolak sebesar 500 liter per detik.

Untuk pasokan air bersih, Bendungan Lolak ini telah diban­gun intake dan pipa transmisi menuju ke Instalasi Pengolahan Air Lolak sepanjang 10 km.

Sedangkan untuk manfaat irigasi seluas 2.200 ha, Bob mengatakan, akan disalurkan melalui dua bendung, yaitu melalui Bendung Lolak Atas yang mempunyai potensi irigasi 1.300 ha.

Pada bagian hilirnya ter­dapat bendung eksisting yaitu Bendung k dengan luas irigasi 900 ha.

Baca juga : Suara Antar Caleg Sesama Partai Rawan Dipindah Nih

“Sebelum ada bendunganIndeks Pertanaman (IP) hanya120 persen setelah ada Bendungan Lolak IP bisa naik hingga 250 persen,” ujarnya.

Di daerah hilir bendungan, Bob menyebutkan terdapat Jalan Trans Sulawesi. Dengan adanya bendungan ini, dapat meng­hindari banjir di Jalan Trans Sulawesi.

“Bendungan Lolak ini ber­fungsi untuk mereduksi banjir. Kurang lebih 29,42 persen atau mereduksi sekitar 209 ha daerah yang biasa tergenang banjir,” jelasnya.

Bendungan Lolak juga akan berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air dengan potensi energi sebesar 2,43 MW.

Baca juga : AHY Dinanti Gebrakannya

Tidak hanya itu, menariknya Bendungan Lolak juga akan menjadi destinasi pariwisata baru di daerah Bolaang Mongondow. Lahan eks galian juga dapat dimanfaatkan menjadi hutan buah produktif.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 24/2/2024 dengan judul Jokowi Resmikan Bendungan Lolak Di Sulawesi Utara, Ingat, Urusan Air Tak Bisa Dikesampingkan      

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.