Dark/Light Mode

Top, Ekspor Perikanan Dari Pelabuhan Bitung Digenjot

Minggu, 25 Februari 2024 07:30 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok. Antara)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok. Antara)

 Sebelumnya 
“Jadi, para pengusaha dan masyarakat Sulawesi Utara dapat memanfaatkannya untuk mem­perkuat perekonomian daerah,” ujarnya.

Olly menjelaskan, kebijakan ekspor langsung melalui Pelabuhan Bitung akan mengun­tungkan. Aktivitas ekspor dan impor tidak hanya efektif, tapi juga bisa meminimalisir biaya angkutan logistik.

“Lokasi pelabuhan Bitung yang dekat dengan perekono­mian Asia Timur juga menjadi keuntungan sendiri. Ekspor dan impor ke Asia Timur akan menjadi lebih mudah,” ucapnya.

Baca juga : KPU Putuskan Hitung Suara Ulang Di 1.747 TPS

Sementara Kepala Dinas Kominfo Sulawesi Utara Steven Liow mengatakan, dengan dibu­kanya Pelabuhan Bitung sebagai pelabuhan ekspor, maka akan makin banyak komoditas ung­gulan Sulawesi Utara dibawa ke luar negeri.

Apalagi, sejarah telah men­catat bahwa Sulawesi Utara ada di jalur perdagangan maritim dunia dan masuk dalam jalur tol perdagangan dunia.

“Itu sudah berlangsung sejak dulu. Apalagi, kita didukung dengan pelabuhan Bitung. Itu pelabuhan internasional,” kata Liow.

Baca juga : Golkar Tunggu Hasil Penghitungan KPU

Untuk diketahui, Pelabuhan Bitung masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan target sebagai Pelabuhan Hub Internasional. Pelabuhan ini juga dibangun untuk menunjang Kawasan Ekonomi Khusus Bitung.

Selain itu, keberadaan Pelabuhan Bitung juga akan men­dukung kegiatan industri ka­wasan timur Indonesia, meliputi Ambon dan Ternate, di sektor pertanian, industri, dan pertam­bangan.

Kemudian, Samarinda, Balikpapan, Tarakan, dan Nunukan di sektor batu bara, minyak bumi, dan kayu lapis.

Baca juga : Tanah Dan Wakaf Uang Bisa Gerakkan Ekonomi Umat

Pengembangan Pelabuhan Bitung dan sekitarnya akan me­ningkatkan kapasitas pelabuhan menjadi 2,7 juta twenty-foot equivalent unit (TEUs).

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 25/2/2024 dengan judul Top, Ekspor Perikanan Dari Pelabuhan Bitung Digenjot          

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.