Dark/Light Mode

47 Tower Kelar Tahun Ini

Jokowi Minta ASN Geser Ke IKN Mulai Juli 2024

Sabtu, 2 Maret 2024 07:30 WIB
Presiden Jokowi saat seremoni penyelesaian akhir atau topping off hunian ASN dan personel pertahanan keamanan (hankam) di kawasan IKN, Kalimantan Timur, pada Jumat (1/3/2024). (Foto: Dok. Kementerian PANRB)
Presiden Jokowi saat seremoni penyelesaian akhir atau topping off hunian ASN dan personel pertahanan keamanan (hankam) di kawasan IKN, Kalimantan Timur, pada Jumat (1/3/2024). (Foto: Dok. Kementerian PANRB)

 Sebelumnya 
Hal ini diharapkan dapat menunjang target Pemerintah untuk pemindahan ASN ke IKN pada tahap awal hingga akhir nantinya.

“Kami juga menyampaikan apresiasi kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Kepala Otorita IKN yang terus bekerja dengan efektif untuk penuntasan hunian ASN,” tuturnya.

Anas menuturkan, Presiden juga menginstruksikan agar ke­menterian terkait segera mende­tailkan skema insentif atau tun­jangan bagi ASN yang pindah ke IKN. Tunjangan itu disebut sebagai tunjangan pionir.

Baca juga : KPU Bantah Hasil Pemilu Sudah Diatur

“Saat ini, Kementerian PANRB dan Kementerian Keuangan sedang merumuskan itu secara sangat detail. Akan kami kebut pembahasannya, sehingga nanti ketika dimulainya perpin­dahan ASN ke IKN, skema itu langsung berjalan,” ucapnya.

Eks kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) tersebut menjelaskan, pemindahan ASN ke IKN dilakukan secara berta­hap sesuai dengan ketersediaan hunian.

Menurutnya, Kementerian PANRB telah membuat simulasi pemindahan ASN ke IKN, hasil koordinasi lintas kementerian.

Baca juga : Wapres Minta Pelaksanaan Pilkada Sesuai Perintah UU

Anas mengungkapkan, ada prioritas pertama ASN yang akan dipindahkan, prioritas kedua dan prioritas ketiga.

Untuk sementara bersifat dinamis tapi dengan satu pola rujukan utama, yaitu pemin­dahan ASN ini orientasinya adalah agar penyelenggaraan pemerintahan di IKN bisa optimal dan efektif, dengan paradigma kerja yang baru dan berbasis digital.

Turut mendampingi Jokowi dalam topping off, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 2/3/2024 dengan judul 47 Tower Kelar Tahun Ini, Jokowi Minta ASN Geser Ke IKN Mulai Juli 2024       

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.