Dark/Light Mode

Cetak Siswa Unggul

Jokowi Minta Sekolah Juga Jadi Safe House

Minggu, 3 Maret 2024 07:30 WIB
Presiden Jokowi saat Pembukaan Kongres XXIII Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Tahun 2024, di Jakarta, Sabtu (2/3/2024). (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi saat Pembukaan Kongres XXIII Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Tahun 2024, di Jakarta, Sabtu (2/3/2024). (Foto: BPMI Setpres)

 Sebelumnya 
Selain itu, mendorong Peme­rintah untuk menyelesaikan status guru, baik guru negeri maupun swasta dan tenaga kependidikan untuk memperoleh hak-haknya dalam peningkatan kesejahteraan, perlindungan, dan peningkatan kompetensi secara konstitusional dan wajar.

“Tanpa guru yang berkualitas dan sejahtera maka pendidikan bermutu hanyalah impian,” tegas Unifah.

Baca juga : KPU Klaim Tak Terganggu Tahapan PSU Jalan Terus

Unifah juga mendorong Peme­rintah untuk menyelesaikan berbagai persoalan tentang guru. Seperti, penuntasan sertifikasi guru, kenaikan pangkat guru, masa libur guru bersamaan dengan kalender libur sekolah, pembayaran tunjangan profesi guru tepat waktu, persyaratan kepala sekolah yang berasal dari guru penggerak.

Ketua Departemen Kominfo PGRI Wijaya menambahkan, sistem pendidikan nasional harus dibenahi.

Baca juga : Sespri Iriana Pilih Jalur Partai Politik

Data menunjukkan, kualitas pendidikan belum setara di lingkup regional maupun internasional. Selama dua dekade ter­akhir, kualitas pendidikan juga masih stagnan.

“Ini terlihat dari beberapa ukuran-ukuran internasional seperti Trends in International Mathematics and Science Study (TIMMS) dan Programme for International Student Assess­ment (PISA),” ungkapnya.

Baca juga : Angka Backlog Makin Tinggi

Turut mendampingi Jokowi dalam Kongres XXIII PGRI, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Penjabat Gu­bernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 3/3/2024 dengan judul Cetak Siswa Unggul, Jokowi Minta Sekolah Juga Jadi Safe House      

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.