Dark/Light Mode

Diralat Menteri Ketenagakerjaan

Driver Ojol Batal Dapat THR

Selasa, 2 April 2024 07:25 WIB
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. (Foto: Kemnaker)
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. (Foto: Kemnaker)

 Sebelumnya 
“Jangan sampai, rasa keadilan mati. Di saat perusahaan dapat untung, driver-nya malah bun­tung,” tandasnya.

Di media sosial X, nasib driver ojol dibicarakan para netizen. Sebagian menyesalkan batalnya kewajiban pemberian THR dari perusahaan kepada para penge­mudi ojol.

Akun @maswinars menyatakan, satu-satunya harapan dirinya, adalah mendapat uang tambahan atau tip dari para penumpang. Sebab, mimpi mendapat THR dari perusahaan sudah gugur.

Baca juga : Ketua MPR: Indonesia Terus Dukung Kemerdekaan Palestina

Akun @maswinars men­gaku harus kerja lebih ekstra dibanding hari-hari biasa untuk mendapatkan tip.

“Karena dapat ‘THR’ nya hanya dari insentif Rp 5000/trip, itu pun harus online 2 hari Lebaran. Jadi, saat orang lain kumpul bersama keluarga dan sanak saudara, driver ojol harus meninggalkan keluarga. Sedih,” ujarnya.

Senada, akun @AyoungLorenzo mengatakan, pemberian THR kepada para driver hanya sebatas mimpi dan wacana. Bila off aplikasi saja, para driver tidak akan memiliki pemasukan, jadi tidak usah berharap banyak pada THR.

Baca juga : Waspada, Maling Incar Rumah Ditinggal Mudik

“THR-nya ojol, tetap disuruh ngojek dulu. Ada syarat dan ketentuan berlaku. Kalau off, ya mana bisa dapat,” tulisnya.

Sementara, akun @Dodi89Belo berharap, Pemerintah berani bersikap lebih tegas kepada para penyedia aplikasi ojol untuk membela masyarakat kecil.

“Tolong Pak Presiden. Ini ap­likator ojek online sudah nggak kasih THR, tarif juga dibikin murah. Nggak manusiawi,” keluhnya.

Baca juga : The Gunners Gagal Kudeta The Reds

Akun @cnbobbys memiliki pandangan berbeda. Menurut dia, aturan terkait THR bagi ojol seperti buah simalakama. Sebab, angka atau kebutuhan THR bagi semua mitra, akan menghabis­kan uang perusahaan.

“Kalau pemerintah ngelu­arin peraturan mitra ojol wajib dapat THR, gue rasa sekelas Goto mungkin gulung tikar,” ucapnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 2 April 2024 dengan judul Diralat Menteri Ketenagakerjaan, Driver Ojol Batal Dapat THR

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.