Dark/Light Mode

KPK Minta Kemensos Percepat Pengakurasian Data Orang Miskin

Senin, 4 November 2019 12:56 WIB
Ketua KPK, Agus Rahardjo (tengah) dan Mensos Juliari Peter Batubara di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (4/11). (Foto: Oktavian Surya Dewangga/Rakyat Merdeka)
Ketua KPK, Agus Rahardjo (tengah) dan Mensos Juliari Peter Batubara di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (4/11). (Foto: Oktavian Surya Dewangga/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta  Kementerian Sosial (Kemensos) mempercepat pengakurasian data-data orang miskin. Hal itu, diminta KPK agar penyaluran bantuan sosial (bansos) dari pemerintah tepat sasaran.

"Kita terutama sangat menginginkan dalam waktu cepat pemerintah bisa mempunyai data yang akurat mengenai orang miskin," ujar Ketua KPK, Agus Rahardjo usai ditemui Mensos Juliari Peter Batubara di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (4/11).

Baca juga : Ngaku Pegawai Kemenkopolhukam, Penipu Jasa Umroh Ditangkap Polisi

Agus menyebut, ketidakakuratan data orang miskin dapat berdampak pada ketimpangan penyaluran bansos dari pemerintah. Contohnya, imbuh Agus, soal penyaluran gas elpiji 3 kilogram (gas melon) yang seharusnya diperuntukkan bagi rakyat miskin.

"Sebetulnya gas melon itu untuk orang miskin kan? Tapi gas melon itu ke mana-mana. itu subsidinya sangat besar jadinya. Kami menyebutkan angka sekitar 70 triliun menjadi subsidi itu kan sangat tidak efisien," bebernya.

Baca juga : Mahfud Minta Netizen Hati-hati Soal Penipuan Atas Nama Anaknya

Tak hanya soal gas elpiji 3 kilogram, menurut Agus, masih banyak ketimpangan penyaluran bansos yang tidak tepat sasaran. Diantaranya, kata Agus, soal penggunaan listrik murah, subsidi pupuk, hingga bantuan dana pendidikan.

"Listrik juga begitu, kemudian subsidi pupuk subsidi benih, kemudian juga bantuan pendidikan, bantuan BPJS kalau kita bisa mengelola data itu dengan baik data itu akurat saya pikir efisiensi anggaran kita akan sangat besar," tutur eks kepala LKPP ini. 

Baca juga : Kemensos Fokus Berdayakan Masyarakat Miskin

Agus pun mendesak Mensos Juliari Peter segera mengakurasikan data-data terkait rakyat miskin. Sebab, hal itu agar penyaluran bansos dari pemerintah tidak disalahgunakan atau tidak tepat sasaran. 

"Kita tadi berikan khusus terhadap Kemensos juga mengenai bantuan sosial. Bantuan sosial itu kalau lebih akurat akan jauh lebih efektif untuk siapa yang memang betul-betul membutuhkan‎," tandasnya. [OKT]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.