Dark/Light Mode

Baru Tiga Hari Dibuka

Hotel Isolasi Dipadati Ratusan Pasien Corona

Rabu, 30 September 2020 06:26 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio. (Dok. Kemenparekraf)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio. (Dok. Kemenparekraf)

 Sebelumnya 
Untuk pelaksanaan program ini, Kemenparekraf menyiapkan anggaran Rp 100 miliar hingga Desember 2020 sebagai dukungan layanan akomodasi berupa kamar dan makan tiga kali sehari.

Kasubdit Kekarantinaan Kesehatan, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Benget Saragih menjelaskan, pihaknya telah memberikan rekomendasi hotel-hotel yang lolos verifikasi dan memenuhi persyaratan.

Baca juga : Hingga Hari Ini, Bus Sekolah Telah Evakuasi 1.973 Pasien Covid

Hotel-hotel tersebut tersebar di wilayah DKI Jakarta. “Dari daftar 30 hotel di wilayah DKI Jakarta yang sudah direkomendasikan oleh PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) ada 17 hotel yang sudah memenuhi syarat,” kata Benget.

Persyaratan hotel yang telah memenuhi kriteria sesuai dengan pedoman penanganan Covid-19 yakni memiliki ruang penerimaan pasien untuk melakukan triage, ada tim yang sudah dilatih disinfeksi, tersedia mini hospital, memiliki alat pelindung yang standar bagi petugas hotel, makanan dan minuman diantar ke depan kamar pasien oleh petugas serta tersedia jalur evakuasi jika ada pasien yang kondisinya memburuk.

Baca juga : Serunya Sendratari Ramayana Virtual Kolaborasi Thailand dan Indonesia

Selain itu, juga tersedia akomodasi bagi petugas kesehatan dan pengamanan, tersedia tempat penyimpanan sementara limbah medis dan infeksius sebelum diangkut ke tempat pengolahan khusus limbah medis serta petugas hotel harus sehat, tidak memiliki penyakit penyerta dan telah melakukan pemeriksaan PCR dengan hasil negatif Covid-19.

Sementara, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya mengatakan, sambil terus melihat perkembangan yang ada di lapangan, ke depannya Kemenparekraf akan menambah lagi lokasi akomodasi baru untuk masyarakat berstatus pasien terkonfirmasi tanpa gejala.

Baca juga : Digitalisasi, Faktor Penting Penjualan Produk Asuransi

Tentunya dengan merujuk ke daftar 17 hotel yang sudah diverifikasi Kemenkes. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.