Dewan Pers

Dark/Light Mode

Siap Beroperasi Terbatas

Minggu Ketiga November, Pembangunan Tahap I Pelabuhan Patimban Dijadwalkan Kelar

Sabtu, 31 Oktober 2020 12:11 WIB
Siap Beroperasi Terbatas Minggu Ketiga November, Pembangunan Tahap I Pelabuhan Patimban Dijadwalkan Kelar

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengecek kesiapan pembukaan tahap awal Pelabuhan Patimban di Subang, Sabtu (31/10).

Pembangunan tahap 1 pelabuhan yang secara fisik akan memiliki bangunan dan kapasitas sebesar Pelabuhan Tanjung Priok ini, ditargetkan selesai pada pekan ketiga November 2020.

Berita Terkait : Pengunjung Hiburan Malam Diganjar Sanksi Berat Dong

“Ini tinjauan terakhir, sebelum soft opening. Pada minggu ketiga November, tahap pertama harusnya sudah selesai pembangunan pertama dan operasional terbatas,” kata menteri yang akrab disapa BKS, saat meninjau lokasi pembangunan menggunakan kapal milik nelayan Patimban.

Pelabuhan ini juga akan menjadi salah satu pelabuhan yang mengedepankan penggunaan teknologi dan sistem digital, dalam pengoperasiannya.

Berita Terkait : Jokowi Minta Proyek Pelabuhan Patimban Dikebut, Ini Alasannya

Semua sistem, nantinya akan terintegrasi secara digital dan dapat diakses secara real time. Sehingga, proses logistik bisa lebih efisien dan tidak terjadi penumpukan.

Untuk tahap pertama, obyek fisik yang direncanakan siap beroperasi adalah terminal peti kemas sepanjang 150 m, lapangan peti kemas seluas 35 hektar dengan kapasitas 250.000 TEUs (Twenty-foot Equivalent Unit), dan terminal kendaraan 300 m dengan kapasitas 218.000 CBU.

Berita Terkait : Pemerintah Genjot Pembangunan Pelabuhan Patimban

"Nanti, akan menangani terminal kendaraan serta otomotif dan bongkar muat peti kemas,” kata BKS.
 Selanjutnya