Dark/Light Mode

Dongkrak Ekonomi Daerah

Program ESDM Terangi Jalan Gunung Kidul

Sabtu, 16 Maret 2019 11:17 WIB
Dongkrak Ekonomi Daerah Program ESDM Terangi Jalan Gunung Kidul

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Desa Ponjong Gunung Kidul, Yogyakarta Arif Fachrizal mengapresiasi kinerja pemerintah dalam menerangi Indonesia, khususnya seperti wilayahnya yang terpencil.

"Radius penerangan ini memang terbatas. Namun, karena di pasang di wilayah sentral jadi cukup terbantulah," katanya, Sabtu (16/3).

Baca juga : 3 Desa Dibantu Kemendes

Arif berharap agar pemasangan PJUTS di wilayahnya bisa bertambah. Karena, banyak daerah yang belum mendapatkan penerangan memadai. Selain itu, kata Arif, PJUTS ini mendongkrak ekonomi daerah. Karena, adanya penerangan yang cukup membuat etos kerja masyarakat meningkat.

Terkait penjagaan PJUTS, Arif mengaku selalu mensosialisasikan kepada warganya agar merawat dan menjaga PJU-TS dari tindakan kriminal.

Baca juga : BI Perkuat Peran Kantor Perwakilan Di Luar Negeri

"Kami dengar di dusun sebelah ada yang pura-pura petugas PLN yang hendak membetulkan PJUTS, tapi ternyata malah mencuri. Jadi kalau ada indikasi-indikasi mencurigakan segera lapor ke saya," tegasnya.

Sebelumnya, Kementerian ESDM baru saja memasang 360 titik PJUTS di Yogyakarta. Kabupaten Gunung Kidul yang mendapatkan PJUTS sebanyak 330 titik.

Baca juga : Gerindra: Program Swasembada Pangan Membingungkan

Adapun dasar hukum Pemasangan PJUTS adalah Permen ESDM Nomor 12 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral Nomor 39 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Kegiatan Fisik Pemanfaatan Energi Baru Dan Energi Terbarukan Serta Konservasi Energi. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.