Dark/Light Mode

Dicap Ban Serep

Ma`ruf Merasa Sedang Main Badminton Double

Rabu, 18 November 2020 06:33 WIB
Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin. (Foto: Instagram)
Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Masduki menambahkan, tidak ada yang keliru dengan tupoksi Ma’ruf. Sudah sesuai Undang-Undang. Namun, dia menegaskan, berbagai keputusan penting itu ada di tangan Presiden. Sementara eksekusi kebijakan berada di tangan menteri teknis terkait. “Posisi Wapres itu mengkoordinasi pekerjaan-pekerjaan di kementerian. Itu pun setelah diberi tugas oleh Presiden. Secara Undang-Undang di mana-mana gitu,” ungkap Masduki.

Yang patut digarisbawahi, lanjut Masduki, Ma’ruf sudah banyak berperan memberi masukan sebelum suatu keputusan diterbitkan presiden. “Banyak juga yang tidak termonitor publik,” ujar Masduki.

Baca juga : Wapres: Segera Sadarkan Mereka Yang Ngotot Mau Khilafah Di Indonesia

Saat ini, kata Masduki, Ma’ruf tengah berfokus pada empat aspek membangun ekonomi syariah. Yakni penguatan lembaga keuangan syariah, industri halal, dana sosial Islam (zakat, infak, sedekah, wakaf), dan penguatan bisnis usaha berbasis syariah. Itu semua bagian upaya penguatan ekonomi kerakyatan.

Para pengamat politik sependapat dengan hasil riset Indef. Pengamat politik Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie menilai, memang Ma’ruf kurang berperan. Semuanya diambil Jokowi. “Seharusnya jangan semua job di ambil Jokowi dan para pembantunya,” bebernya saat dimintai pendapat oleh Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : PAN Cs Anggap Partai Masyumi Bukan Badai

Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Firman Noor membandingkan, Wapres Orba justru sangat punya peran dibandingkan Ma’ruf saat ini. Bahkan perannya hing ga internasional. “Wapres Orba juga tokoh-tokoh semua. Ada Pak Sultan Hamengku Buwono IX sampai BJ Habibie,” ujarnya.

Warganet ikut mengomentari Ma’ruf senagai ban serep. Akun @udatauhid mempertanyakan kenapa Presiden dan Wapres tidak bagi-bagi tugas. “Nggak bisa bagi-bagi tugas begitu? Kalau keta kutannya akan ada matahari kembar, hapus aja jabatan Wapres,” cuitnya.

Baca juga : DJ Dipha Barus: TikTok Jadi Ajang Pencarian Bakat Baru

Akun @AriaRivani mempertanyakan tugas Ma’ruf. “Terus ngapain z???,” tanyanya. Sementara @i_oneprast mengatakan semua Wapres memang ban serep. “Dari zaman dulu selain JK semua Wapres memang cuma sebagai ban serep,” katanya. “Presiden sehat, tugas Wapres ban serep,” samber @adimasadiz. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.