Dark/Light Mode

Yang Belum Dapat Bansos, Jangan Ngadu Ke Medsos

Sabtu, 21 November 2020 06:37 WIB
Menteri Sosial Juliari P Batubara. (Foto: Instagram)
Menteri Sosial Juliari P Batubara. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Mensos membuka dialog. Ia menggali sejauh mana manfaat yang mereka rasakan dengan bantuan pemerintah. Mensos menyatakan, BST diberikan kepada keluarga miskin, tidak mampu, dan/atau rentan yang terkena dampak wabah Covid-19.

Ia menyatakan, pandemi membuat sebagian besar masyarakat kehilangan pekerjaan dan pada gilirannya tidak bisa memenuhi kebutuhan dasarnya. “Bapak Presiden menginstruksikan, agar kami para pembantunya memastikan selama pandemi masyarakat tidak ada yang kelaparan. Dengan BST diharapkan dapat membantu meningkatkan daya beli masyarakat yang ter dampak pandemi,” katanya.

Ia meminta agar bantuan ini digunakan sebaikbaiknya. “Jangan gunakan untuk mem beli rokok,” katanya.

Baca juga : Samsung SmartThings Jadikan Hidup Lebih Mudah

Tak lupa, ia mengingatkan, Bansos itu sifatnya sementara. Mensos juga meninjau produk UMKM lokal yang menjadi komoditas EWarong, dan berdialog dengan pelaku UMKM. Mensos memuji kewirausahaan yang tumbuh di daerah tersebut.

Kemensos menyalurkan BST di Provinsi Jawa Tengah kepada sebanyak 1.412.938 KPM di 35 Kabupaten/kota. Di Kabupaten Pemalang tercatat 38.952 KPM BST tersebar pada 14 kecamatan dengan nilai Rp 11.685.600.000/bulan. BST di Kabupaten Purbalingga terdaftar sebanyak 30.603 KPM tersebar pada 18 kecamatan dengan nilai total Rp 9.180.900.000.

Sementara untuk Program Sembako/Bantuan Pangan non Tunai (BPNT) di Provinsi Jawa Tengah, menjangkau 3.431.209 KPM tersebar di 35 Kabupaten/ kota. Di Kabupaten Pemalang terdapat 171.684 KPM Program Sembako/BPNT yang tersebar pada 14 kecamatan dengan nulis bantuan Rp 34.336.800.000/ bulan.

Baca juga : Tetap Waras, Jangan Ngeres

Di Kabupaten Purbalingga terdapat 110.241 KPM tersebar pada 18 kecamatan dengan nilai Rp 22.048.200.000. Pelaksanaan BST disalurkan oleh PT Pos Indonesia dan Himbara, Bantuan Pangan Non Tunai Program Sembako oleh Himbara.

Mensos menyampaikan ucapan terima kasih kepada Direksi PT Pos, Bank-bank Himbara, pemerintah daerah, para pendamping, dan semua pihak yang membantu kelancaran pelaksanaan program.

“Dengan adanya kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak, penyaluran BST dan Program Sembako/BPNT berjalan baik dan lancar. Semoga bantuan ini memberikan manfaat untuk meningkatkan kesejah teraan dan kesehatan KPM,” kata Mensos. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.