Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jelang Soft Launching

Menhub Tinjau Uji Coba Bongkar Muat Pelabuhan Patimban

Kamis, 3 Desember 2020 18:31 WIB
Menhub  Budi  Karya  Sumadi  bersama  para  pemangku  kepentingan,  foto  bersama  usai  melepas  keberangkatan  kapal  MV  Ostina.  Pelabuhan Patimban dinyatakan siap beroperasi secara terbatas pada akhir Desember 2020. [Foto: Humas Kemenhub]
Menhub Budi Karya Sumadi bersama para pemangku kepentingan, foto bersama usai melepas keberangkatan kapal MV Ostina. Pelabuhan Patimban dinyatakan siap beroperasi secara terbatas pada akhir Desember 2020. [Foto: Humas Kemenhub]

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang soft launching pengoperasian Pelabuhan Patimban, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (BKS) mengecek kesiapan operasional pelabuhan dengan meninjau langsung uji coba bongkar muat yang dilaksanakan di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Kamis (3/12/2020).

Budi menyampaikan, uji coba berjalan lancar dan Pelabuhan Patimban sudah siap untuk dilakukan soft launching pada minggu ke-2 atau ke-3 Desember 2020. Dia menjelaskan, uji coba bongkar muat barang di Patimban bisa dilakukan dengan baik. Kapal bisa sandar. Artinya, dermaga sudah siap. Kedalaman kolam air dan alur dari luar sudah baik.

Demikian juga jalan dari pabrik ke lokasi sudah bagus. Para stakeholder pun sudah melakukan koordinasi dengan baik. “Pelabuhan Patimban siap beroperasi secara terbatas,” tegas BKS, panggilan akrabnya.

Baca juga : Mau Diresmikan Presiden Desember, Menhub Simulasi Uji Coba Pelabuhan Patimban

Kegiatan uji coba dilakukan menggunakan kapal MV Ostina yang akan menuju Pelabuhan Belawan Medan. Saat uji coba, dilakukan pengangkutan sebanyak 22 unit mobil dari Car Terminal ke dalam kapal.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan acara Table Top Exercise yang telah dilaksanakan pada 30 November 2020. Uji coba bertujuan mengecek komunikasi dan koordinasi antar stakeholder, terkait telah siap mendukung kegiatan operasional terbatas dan soft opening Pelabuhan Patimban, sesuai mekanisme dan prosedur yang telah ditetapkan.

Terkait pengelolaan Pelabuhan Patimban pada masa pengoperasian secara terbatas, lulusan jurusan arsitektur Universitas Gajah Mada (UGM) ini mengatakan, pengelolaan akan dilakukan oleh Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Patimban, dibantu tenaga ahli profesional di bidang kepelabuhanan. Sehingga kompetensi yang diberikan akan sama baiknya dengan yang dilakukan di Tanjung Priok.

Baca juga : Dewan Kota Bandung Minta Rotasi Jabatan Profesional

Budi berharap, para stakeholder dan SDM di Kemenhub dan instansi terkait lainnya siap berpartisipasi dalam pengelolaan pelabuhan ini. Sehingga, kesiapan dalam pengoperasian Pelabuhan Patimban dapat segera direalisasikan, dalam menunjang pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya di wilayah Jawa Barat.

BKS pun menyampaikan terima kasihnya kepada Pemda Provinsi Jawa Barat, Kapolda Pangdam, TNI Angkatan Laut, kontraktor, dan semua stakeholder. Yang paling penting, ujarnya, yang kini dilakukan adalah sebagai motor penggerak pergerakan kemajuan ekonomi Indonesia.

“Kita memang pandemi. Tapi kita pastikan, yang kita bangun, kita persiapkan dengan baik dan diselesaikan sesuai waktunya. Yang lebih penting lagi, ini bermanfaat untuk masyarakat,” tambah mantan Direktur Utama Angkasa Pura II ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.