Dark/Light Mode

Pertama Di Dunia, Penerima Vaksin Covid-19 Di Tanah Air Bisa Registrasi Via WA

Sabtu, 16 Januari 2021 09:04 WIB
Pertama Di Dunia, Penerima Vaksin Covid-19 Di Tanah Air Bisa Registrasi Via WA

 Sebelumnya 
Penerima vaksin Covid-19 bisa langsung mengirimkan pesan ke nomor WA itu dengan mengetik kata kunci 'Vaksin'. Setelah itu, akan ada konfirmasi bahwa penerima vaksinasi adalah tenaga kesehatan.

Selanjutnya, tenaga kesehatan penerima vaksinasi diminta mengirimkan 6 angka terakhir Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk mendaftar. Tenaga kesehatan akan menerima konfirmasi lokasi vaksinasi.

Baca juga : Pasien Covid-19 Butuh Dukungan, Bukan Cacian

Langkah selanjutnya, akan dilakukan konfirmasi mengenai kondisi kesehatan, untuk memastikan bahwa peserta akan dapat menerima vaksin.

Berikutnya, Chatbot akan membagikan jadwal vaksin untuk dikonfirmasi. Setelah itu, tiket QR code akan dibagikan bersama dengan video tentang cara kerja vaksin.

Baca juga : Jangan Takut, Ayo Kita Sukseskan Vaksinasi...!

Para tenaga kesehatan juga dapat mengecek nama mereka di situs pedulilindungi.id. Jika belum terdaftar,  diminta segera mengajukan program vaksinasi dengan mengirimkan data diri ke email [email protected].

Selain melalui WA, Kementerian Kesehatan juga menyediakan channel registrasi vaksinasi Covid melalui SMS Blast PEDULICOVID, Website pedulilindungi.id, melalui email [email protected], call/UMB *119# dan Hotline Vaksinasi Covid-19 119 Ext 9.

Baca juga : Gubernur Koster Jadi Yang Pertama Divaksin Covid-19 Di Bali

Mengingat pentingnya program vaksinasi, pemerintah berharap masyarakat mendukung dan berpartisipasi aktif mengikuti setiap tahapan pelaksanaannya.

Pemerintah juga menjamin keamanan data penerima vaksinasi Covid-19, sesuai peraturan perundang-undangan. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.