Dark/Light Mode

Reuni Di Jatim, Nostalgia Sesama Eks Timses Jokowi

Anies-Khofifah Duet Maut Nih

Senin, 26 April 2021 07:00 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau gudang beras di Kabupaten Ngawi JawaTimur, Minggu (25/4/2021). (Foto: Twitter/@aniesbaswedan)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau gudang beras di Kabupaten Ngawi JawaTimur, Minggu (25/4/2021). (Foto: Twitter/@aniesbaswedan)

 Sebelumnya 
“Dulu lho kita sama-sama jubir (Juru bicara tim kampanye Jokowi-JK di Pilpres 2014),” kata Khofifah, sembari tertawa.

Anies juga punya jawaban yang sama. Kata dia, terlalu jauh membaca pertemuan ini untuk kontestasi politik lima tahunan.

“Kita ini lho (membahas) soal tahapan, perpanjang kerja sama soal support beras,” jawab Anies.

Baca juga : Reshuffle Kabinet, Syarief Hasan: Tugas Jokowi Sangat Berat

Meskipun keduanya membantah, tetap saja banyak pihak berspekulasi soal keakraban keduanya. Anies-Khofifah dijodoh-jodohkan banyak warga dunia maya, sebagai paslon yang bakal bertarung di Pilpres 2024. Apalagi, kedua tokoh ini kerap masuk dalam bursa capres versi sejumlah lembaga survei.

“Anies-Khofifah itu duet luar biasa, bisa ngimbangi Jateng. Di Jabar, Anies dah pasti menang, di Jateng Ganjar dah pasti menang, Jatim penentu, karena di Jateng pasti selisihnya jauh banget,” cuit akun @tabssumikaytu82. “Menarik jika poros ini terwujud mengusung duet Anies-Khofifah,” timpal @ari_sup. “Pasangan Presiden gender 2024,” sahut @Syahrasaddin62. “Cocok nih capres dan cawapres 2024. SKB,” harap @juhaiman15.

“Dikuatkan akan besar potensi menangnya nih. Tahu sendiri kekuatan Jatim dan Jateng,” tutur @riyovina. “Wah...bisa jadi wacana baru nih. Anies-Khofifah, gimana gaes?” seloroh @mirza54676963.

Baca juga : Lawan Diskriminasi Sawit, Jokowi Siap Duet Maut Bareng Malaysia

Lantas bagaimana elektabilitas keduanya bila berpasangan? Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin memprediksi, duet Anies-Khofifah punya peluang besar untuk menang.

“Anies laki-laki dan Khofifah perempuan. Komposisi perwakilan pemilih laki-laki dan pemilih perempuan. Dari gender bisa menjadi pasangan yang cocok,” nilai Ujang kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Hanya masalahnya, kata dia, baik Anies maupun Khofifah bukan petinggi parpol. Sehingga sulit bagi keduanya untuk mendapatkan tiket maju di Pilpres 2024.

Baca juga : Kunjungi KONI Jatim, LaNyalla Semangati Para Atlet Puslatda

“Yang perlu dilakukan keduanya adalah mendapatkan simpati publik dengan cara mendapatkan popularitas dan elektabilitas yang tinggi,” tambah Ujang. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.