Dark/Light Mode

Diamanahkan Jadi Penggerak Utama Pemulihan Ekonomi

Mendag Cari Harta Karun Ke Negara Non Tradisional

Rabu, 18 Agustus 2021 16:48 WIB
Pertemuan Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dengan Menteri yang Bertanggung Jawab atas Integrasi dan Makroekonomi Komisi Ekonomi Eurasia Sergei Glazyev di sela-sela kunjungan kerjanya ke Rusia, Kamis (3/6). (Foto: Ist)
Pertemuan Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dengan Menteri yang Bertanggung Jawab atas Integrasi dan Makroekonomi Komisi Ekonomi Eurasia Sergei Glazyev di sela-sela kunjungan kerjanya ke Rusia, Kamis (3/6). (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Dukung Pelaku UMKM

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga berjanji akan terus membantu pelaku UMKM menembus pasar ekspor ke negara tradisional maupun nontradisional. Saat ini yang perlu dilakukan bersama adalah mengidentifikasi produk UMKM yang akan dibawa ke pasar internasional.

Baca juga : HNW Harap Sidang Tahunan MPR Jadi Pengingat Pejabat Dan Lembaga Negara

Selain juga diperlukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kualitas dan performa produk-produk UMKM dalam negeri tersebut.

"Dengan identifikasi yang cermat dan dilakukan bersama seluruh pemangku kepentingan, diharapkan kita dapat mengembangkan berbagai produk UKM potensial agar bisa berjaya di pasar global," imbuh Jerry.

Baca juga : Himbara: Pertumbuhan Ekonomi Jadi Pendorong Bisnis Keuangan

Tak berhenti sampai di situ, Wamendag juga terus memanfaatkan perjanjian perdagangan internasional untuk memperluas pasar nontradisional. Setelah membentuk perjanjian tersebut, tugas Kemendag selanjutnya adalah memonitor, memelihara, dan menjaga agar implementasinya dapat berjalan dengan baik.

"Kemendag juga harus harus memberikan fasilitas bagi para UKM memanfaatkan perjanjian perdagangan internasional," ucapnya.

Baca juga : Mending Satpol PP Bantu Warga Kelaparan Dan Bersihin Sampah

Untuk diketahui. Kemendag memiliki 46 perwakilan di luar negeri seperti Atase Perdagangan, Indonesia Trade Promotion Center (ITPC), Konsul Perdagangan, Kantor Dagang dan Ekonomi, serta Duta Besar di WTO.

Jerry mempersilakan pelaku UMKM melakukan komunikasi dengan perwakilan tersebut. Karena para perwakilan perdagangan juga bertugas menyelenggarakan business matching dengan para importir atau buyers di luar negeri yang tertarik dengan produk-produk Indonesia. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.