Dark/Light Mode

Semua Perusahaan Tambang Diminta Segera Hilirisasi

Jokowi: Jangan Sampai Kita Punya Tambang, Tapi Smelter-nya Di Negara Lain

Selasa, 12 Oktober 2021 13:27 WIB
Presiden Jokowi di tengah acara groundbreaking smelter PT Freeport Indonesia di KEK Gresik, Jawa Timur, Selasa (12/10). (Foto: YouTube)
Presiden Jokowi di tengah acara groundbreaking smelter PT Freeport Indonesia di KEK Gresik, Jawa Timur, Selasa (12/10). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menegaskan, Indonesia memiliki cadangan tembaga yang sangat besar. Bahkan, masuk ke dalam kategori 7 negara dengan cadangan tembaga terbesar di dunia.

Karena itu, potensi yang sangat besar ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat, dengan nilai tambah yang setinggi-tingginya bagi ekonomi nasional.

"Jangan sampai kita memiliki tambang, konsentrat. Tapi smeltermya, hilirisasinya ada di negara lain. Seperti yang tadi disampaikan Pak Menteri. Ada di Spanyol, di Jepang. Kalau begitu, yang menikmati nilai tambahnya, ya mereka," kata Jokowi dalam acara groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indoensia di KEK Gresik, Selasa (12/10).

Baca juga : Hari Ini, Jokowi Groundbreaking Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Di Karawang

"Inilah kenapa smelter PT Freepot dibangun di dalam negeri yaitu di Gresik, Provinsi Jawa Timur," imbuhnya.

Pembangunan smelter tersebut adalah sebuah kebijakan strategis terkait industri tambang tembaga, setelah kita menguasai 51 persen saham Freeport. Saat itu, juga, pemerintah mendorong Freeport untuk membangun smelter di dalam negeri.

"Karena sekali lagi, kita ingin nilai tambah ada di sini," tandasnya.

Baca juga : Megawati: Kita Inginnya, Bisa Ribuan Tahun Berdiri

Dalam masa konstruksi saja, pembangunan smelter Freeport di KEK Gresik diyakini mampu menyerap 40 ribu tenaga kerja. Apalagi nanti, kalau sudah beroperasi.

"Membangun smelter di dalam negeri akan memperkuat hilirisasi industri. Saya akan perintahkan satu per satu, perusahaan apa pun, swasta atau BUMN yang terkait tambang minerba untuk masuk ke hilirisasi. Untuk apa? sekali lagi, agar komoditas kita lebih tinggi nilainya. Tidak kirim mentahan, tidak kirim dalam bentuk raw material," tegas Jokowi. 

Hilirisasi, lanjutnya, akan memberikan nilai tambah atau income yang lebih tinggi bagi negara. Serta menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih banyak.

Baca juga : Jokowi Semangati UMKM Kerja Keras, Tahan Banting

"Ini goal yang penting bagi rakyat. Dan tentu saja membuat bangsa kita semakin mandiri, semakin maju," tandas Jokowi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.