Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kawal Program Kementan

Jaksa Apresiasi Bantuan Alsintan Gairahkan Petani Di Sukoharjo

Senin, 15 November 2021 09:54 WIB
Direktur Alsintan Kementan Andi Nur Alamsyah (dua dari kiri) saat mendampingi Tim Pengamanan Proyek Strategis Kejaksaan Agung di Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari, Kab. Sukoharjo, Jumat (13/11)
Direktur Alsintan Kementan Andi Nur Alamsyah (dua dari kiri) saat mendampingi Tim Pengamanan Proyek Strategis Kejaksaan Agung di Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari, Kab. Sukoharjo, Jumat (13/11)

 Sebelumnya 
Apresiasi Kejaksaan

Di tempat yang sama, Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Pengairan, Perikanan dan Peternakan Pada Jaksa Agung Muda Intelijen Kejagung Rini Hartatie takjub dengan kekompakan yang terjalin antara petani dan pemerintah dalam hal mekanisasi pertanian ini.

Dia pun mengapresiasi bantuan alsintan Kementan ini mampu menggairahkan semangat petani Sukoharjo untuk meningkatkan produktivitas lahannya. Dia pun berharap, Sukoharjo bisa menjadi percontohan bagi daerah lain dalam mekanisasi pertanian.

Baca juga : Satgas: Jangan Antipati Terhadap Kebijakan Pemerintah

"Jadi tolong di-share kekompakan di Solo Raya ini biar jadi contoh buat yang lain," katanya.

Kesuksesan membangun mekanisasi pertanian di Sukoharjo ini, kata Rini, sedapat mungkin harus terus lanjut. Apalagi saat ini kebutuhan petani akan alsintan sangat tinggi sementara bantuan yang digelontorkan oleh pemerintah terbatas.

Dia pun bersyukur program mekanisasi ini mampu menstimulasi petani untuk bisa pengadaan alsintan secara mandiri.

Baca juga : Kemenpora Gelar Bimtek Bantuan Sarana Olahraga Di Ruang Publik

"Selanjutnya pemanfaatannya ini diharapkan bisa memakmurkan petani dan juga menjadi stimulan sehingga berikutnya Kementan bisa bantu daerah lain yang juga sangat membutuhkan," tambah dia.

Sementara itu, Manager UPJA Bagyo Mulyo Desa Dalangan Karjono menyampaikan terima kasih atas bantuan Alsintan yang telah didistribusikan kepada para petani di desanya. Atas bantuan alsintan tersebut, kini para petani di desanya sudah bisa panen dan tanam 3 kali setahun.

"Sekarang dengan bantuan ini, mudah-mudahan bisa naikkan indeks pertanaman menjadi empat kali setahun," ungkapnya.

Baca juga : Kunjungi Jambi, Mentan Minta Hilirisasi Nanas Berorientasi Ekspor

Karjono mengatakan, memang sejatinya Sukoharjo ini ditetapkan sebagai pilot proyek mekanisasi pertanian sejak 2015. Hasilnya, petani kini sudah mulai terbiasa dengan penggunaan alsintan dari semula secara manual.

Hal ini tidak lepas dari pendampingan yang terus dilakukan Kementan sehingga betul-betul mampu menggiatkan semangat petani dalam berproduksi.

"Bahkan sekarang ini permintaan untuk Alsintan dari petani ini makin banyak. Ini saja koordinator Alsintan kami belum selesai olah tanah, sudah diminta di banyak daerah. Kini petani makin terbuka dengan pertanian modern. Kami mewakili teman-teman mengucapkan terima kasih atas bantuan ini," katanya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.