Dark/Light Mode

Ini Alasan RI Dukung Resolusi MU-PBB Tentang Serangan Rusia Ke Ukraina

Senin, 21 Maret 2022 22:32 WIB
Webinar mengenai membahas kebijakan luar negeri Indonesia terhadap konflik Rusia Ukraina.
Webinar mengenai membahas kebijakan luar negeri Indonesia terhadap konflik Rusia Ukraina.

 Sebelumnya 
Apalagi posisi perdagangan Indonesia dengan Rusia maupun dengan Ukraina mengalami surplus maka peluang Indonesia masih ada. Upaya ini perlu dilakukan dengan peningkatan ekspor minyak sawit, kopi, kopra, mentega kako dan beberapa komoditas lainnya.

Baca juga : IPU Dukung Perdamaian Rusia-Ukraina

"Diharapkan hal ini dapat memperbaiki hubungan perdagangan Indonesia Rusia. Hal lain yang perlu dijadikan sebagai langkah awal adalah perlunya mengkaji beberapa persetujuan perdagangan bebas," kata Bagas.

Baca juga : Biden Bakal Ingatkan Xi, Jangan Sekali-kali Dukung Rusia Dalam Perang Ukraina

Salah satu komentator adalah Dr Romie Octovianus Bura (Dekan Unhan 2017-2021). Ia menyoroti Polugri yang bebas aktif demi kemandirian pertahanan. Hal ini sangat esensial  mengingat dengan menjadi anggota suatu blok pertahanan maka Indonesia dapat ditekan oleh negara adidaya, misalnya melalui embargo senjata.

Baca juga : Menkominfo Beri Penghargaan Pejuang Telekomunikasi Pada Korban Serangan KKB Di Papua

"Dalam hal ini, peningkatan kualitas SDM kunci dalam pertahanan agar mampu menjadi tuan rumah sendiri. Bukan SDM yang hanya mengoperasikan atau mengaplikasikan teknologi dari luar," pungkasnya. [MEL

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.