Dark/Light Mode

Rela Antre Demi Berikan Suara Di Pilpres

Pemilih Ngarep Pejabat Filipina Korup Dicopot

Selasa, 10 Mei 2022 08:05 WIB
Warga antre di TPS, Bangkal, Makati City, Manila, Filipina, Senin, 9 Mei 2022. (Foto CNA/Pichayada Promchertchoo)
Warga antre di TPS, Bangkal, Makati City, Manila, Filipina, Senin, 9 Mei 2022. (Foto CNA/Pichayada Promchertchoo)

 Sebelumnya 
Pemilih pemula lainnya, Maria Tricia Tenazo (18) mengaku inginkan perubahan. “Kami akan memilih presiden dan wakil presiden baru. Itulah mengapa ini penting bagi saya karena saya ingin kita memiliki pemimpin yang akan memimpin negara dengan baik,” tuturnya.

“Saya baru berusia 18 tahun. Jadi, ini pertama kalinya saya memilih. Saya merasa sedikit gugup karena saya masih belum begitu akrab dengan prosesnya, yang berbeda karena pandemi. Namun saya senang bisa menjadi bagian dari masyarakat pemilih. Kesejahteraan rakyat dipertaruhkan di sini, terutama karena kita masih dalam pandemi,” bebernya.

Baca juga : Lantik Direksi Baru, Sri Mul Harap GDE Lebih Ngegas Dalam Pemanfaatan Panas Bumi

Selain memilih presiden baru, Pemilu Filipina kali ini juga untuk memilih wakil presiden, gubernur, wali kota, anggota DPR dan senat. Berbeda dengan kebanyakan pemilu di negara lain, pemilihan presiden dan wapres, tidak satu paket.

Dalam pilpres ini, Wakil Presiden Maria Leonor Robredo yang dikenal sebagai Leni Robredo merupakan satu-satunya capres perempuan. Dia menghadapi 9 kandidat pria.

Baca juga : Erick Ngarep WNI Yang Berobat Ke LN Menurun

Namun dalam jajak pendapat menjelang Pilpres Filipina 2022, persaingan mengerucut antara Robredo dengan Ferdinand Marcos Jr (Bongbong), putra mendiang Presiden Ferdinand Marcos, yang rezimnya disebut otoriter, dinodai korupsi dan pelanggaran hak asasi manusia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.