Dark/Light Mode

INACEE Business Forum 2022

Dubes RI Bulgaria Golkan MoU 35 Juta Dolar AS

Kamis, 20 Oktober 2022 09:14 WIB
Dubes RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta (kanan) bersama CEO XH&M Fatmir Merkaj di Tirana, Albania, Rabu, 19 Oktober 2022. (Foto KBRI Sofia)
Dubes RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta (kanan) bersama CEO XH&M Fatmir Merkaj di Tirana, Albania, Rabu, 19 Oktober 2022. (Foto KBRI Sofia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kegiatan Indonesia-Central and Eastern Europe Business Forum atau INACEE 2022, Rabu (19/10), yang diinisiasi Kementerian Luar Negeri, mengeratkan kerja sama antara perusahaan Indonesia dan Albania.

Duta Besar Indonesia (Dubes RI) untuk Bulgaria merangkap Makedonia Utara dan Albania, Iwan Bogananta dan tim ekonomi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Sofia, Bulgaria, sukses memfasilitasi penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) antara Modena Indonesia dan XH&M Albania, senilai 35 Juta dolar Amerika Serikat atau Rp 544,8 miliar. Kerja sama tersebut difokuskan pada pengembangan renewable energy dan home appliances.

Baca juga : Krakatau Steel Lunasi Utang Ke Commerzbank AG Sebesar 216 Juta Dolar AS

Dubes RI untuk Bulgaria dalam pernyataan terpisahnya menyampaikan,  kesepakatan dalam pengembangan pada sektor energi terbarukan ini, khususnya sektor panel surya dan distribusi peralatan rumah tangga di Albania.

Menurut Dubes Iwan, kesepakatan ini ditujukan membuka kesempatan dan mengembangkan pasar non tradisional di kawasan Eropa Timur, Tenggara, dan Balkan, yang akan menggunakan sumber produksi dari Indonesia yaitu panel surya dari Indonesia.

Baca juga : Ciputra Golfpreneur 2022, Pegolf RI Diharapkan Bisa Jadi Juara

"Dengan ditandatangani perjanjian kerja sama ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi Indonesia, peningkatan hubungan bilateral dan sesuai dengan sektor prioritas Indonesia dalam Kepresidenan G20, yaitu mendorong transisi energi baru dan berkelanjutan,” kata Dubes Iwan dalam acara INACEE dalam sesi penandatanganan kesepakatan kerja sama antar Negara Eropa timur, Tenggara, dan Balkan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.