Dark/Light Mode

Didakwa Korupsi, Pembelaan Eks Menpora Malaysia Syed Saddiq Ditunggu

Jumat, 28 Oktober 2022 18:16 WIB
Mantan Menpora Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman (Foto: Facebook)
Mantan Menpora Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman (Foto: Facebook)

 Sebelumnya 
Syed Saddiq yang juga anggota Parlemen Muar mengisyaratkan, dia bisa saja mempertahankan kursi parlemennya. Namun, Syed Saddiq akan menyerahkan nasibnya kepada para pemilih, dalam Pemilu ke-15 (GE15), pada 19 November mendatang.

Sementara The Malaysian Insight melaporkan, Dewan Tertinggi MUDA akan segera menggelar pertemuan untuk memutuskan  apakah Syed Saddiq dapat mengikuti Pemilu ke-15 atau tidak.

Pada Pemilu 2018, Syed Saddiq bersaing sebagai kandidat di Partai Bersatu. Dia adalah Menteri Federal termuda, ketika ditunjuk menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga.

Baca juga : Menpora: Masa Depan Indonesia Ada Di Sini...

Setelah Partai Bersatu keluar dari Pakatan Harapan, Syed Saddiq dipecat partai pada Mei 2020. Bersama mantan Ketua Bersatu Dr Mahathir Mahathir dan beberapa anggota parlemen lainnya.

Dia kemudian ikut mendirikan MUDA, partai berbasis pemuda pertama Malaysia, pada Juni 2020.

Partai Bersatu kemudian bergabung dengan partai lain, termasuk Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO), untuk membentuk pemerintahan Perikatan Nasional (PN) di bawah mantan Perdana Menteri Muhyiddin Yassin.

Baca juga : BLT Migor Bagian Dari Program PEN

Seiring pengunduran diri Muhyiddin pada Agustus 2021, Bersatu bergabung dengan pemerintahan Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob, hingga parlemen dibubarkan pada 10 Oktober 2022.

Untuk Pemilu ke-15 mendatang, MUDA berharap bisa bergabung dengan Pakatan Harapan.

Namun, Ketua Pakatan Harapan Anwar Ibrahim mengatakan, koalisinya hanya mempertimbangkan MUDA sebagai pakta pemilu. Bukan partai komponen. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.