Dark/Light Mode

Pelaku Tahu Mau Dipecat

Penembakan Massal di Old National Bank AS Tewaskan 5 Orang, 9 Luka-luka

Selasa, 11 April 2023 13:47 WIB
Penembakan di Old National Bank, Louisville, Kentucky AS pada Senin (10/4) pagi waktu setempat, telah menewaskan 5 orang dan 9 luka-luka. (Foto: AP via CNN International)
Penembakan di Old National Bank, Louisville, Kentucky AS pada Senin (10/4) pagi waktu setempat, telah menewaskan 5 orang dan 9 luka-luka. (Foto: AP via CNN International)

 Sebelumnya 
Harga diri

Dalam essay perguruan tinggi tahun 2018 yang diposting ke situs web CourseHero, seorang pengguna yang diidentifikasi sebagai mahasiswa Universitas Alabama bernama Connor Sturgeon mengungkap kesulitannya menyesuaikan diri di sekolah.

"Harga diri telah lama menjadi masalah bagi saya. Sebagai orang yang terlambat berkembang di sekolah menengah dan atas, saya berjuang sampai batas tertentu untuk menyesuaikan diri. Ini memberikan stigma negatif kepada saya, hingga hari ini," papar Sturgeon.

Baca juga : Kecelakaan Kereta Di Belanda, 1 Tewas, 30 Luka-luka

"Berteman tidak pernah semudah ini. Saya memiliki lebih banyak pengalaman dibanding kebanyakan orang, yang bekerja sendirian," imbuhnya.

Sturgeon mengaku mulai menjadi dewasa secara sosial, setelah menjejakkan kaki di perguruan tinggi. Dia mulai melihat adanya peningkatan di bidang ini. Dia juga berharap bisa lebih sadar diri, dan mulai menjadi orang yang lebih baik.

Senapan AR-15

Baca juga : Lestari Ingatkan Pengembangan Pariwisata Nasional Harus Merata

Pasca penembakan, polisi memblokir sebagian besar jalan di pusat kota. Pecahan kaca berserakan di pintu masuk Old National Bank.

Kepada CNN International, sumber penegak hukum federal mengungkap, jenis pistol yang digunakan dalam penembakan itu adalah senapan semi otomatis AR-15.

Ini adalah senapan olahraga paling populer di AS. Survei Senjata Api Nasional 2021 menyebut, sekitar 24,6 juta orang di AS telah memiliki senapan AR-15 atau sejenisnya.

Baca juga : Kalau Tunggu APBN, Sulit Tuntaskan Infrastruktur

AR-15 dan sejenisnya banyak dipilih pelaku penembakan massal di AS. Termasuk di sekolah Sandy Hook di Connecticut; teater Aurora, Colorado; pesta liburan San Bernardino, California; supermarket Buffalo, New York; dan penembakan massal di SD Kristen di Nashville.

Data Gun Violence Archive yang dikutip CNN International menyebut, setidaknya ada 145 penembakan massal yang terjadi di AS pada tahun ini.

Penembakan massal didefinisikan sebagai aksi yang mengakibatkan empat orang ditembak, tidak termasuk penembaknya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.