Dark/Light Mode

Anita Rusdi Terima First Class Red Cross Medal of Appreciation dari President of Thai Red Cross Society

Minggu, 15 September 2019 21:13 WIB
Anita Rusdi, istri Duta Besar RI untuk Thailand (kiri), saat menerima penghargaan First Class Red Cross Medals of Appreciation yang diserahkan H.R.H. Princess Maha Chakri Sirindhorn, dalam upacara di Istana Chitralada Royal Villa, Dusidalai Hall, Sabtu (14/9). (Foto: Dok. KBRI Bangkok)
Anita Rusdi, istri Duta Besar RI untuk Thailand (kiri), saat menerima penghargaan First Class Red Cross Medals of Appreciation yang diserahkan H.R.H. Princess Maha Chakri Sirindhorn, dalam upacara di Istana Chitralada Royal Villa, Dusidalai Hall, Sabtu (14/9). (Foto: Dok. KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anita Rusdi, istri Duta Besar RI untuk Thailand, menerima penghargaan First Class Red Cross Medals of Appreciation yang diserahkan langsung H.R.H. Princess Maha Chakri Sirindhorn, selaku Executive Vice President of the Thai Red Cross Society. Penyerahan penghargaan dilakukan dalam upacara di Istana Chitralada Royal Villa, Dusidalai Hall, Sabtu (14/9).
 
Penghargaan ini diberikan ke Anita Rusdi atas keberhasilannya dalam menyelenggarakan the 52nd Diplomatic Bazaar di Bangkok, 2-3 Maret 2019. Sebagai Ketua Diplomatic Bazaar, Anita Rusdi dan tim berhasil mengumpulkan dana sebesar ThB 11,72 juta (sekitar Rp 5,5 miliar). Dana tersebut dialokasikan untuk membiayai 17 proyek sosial Thai Red Cross Society (Palang Merah Thailand), di antaranya untuk membantu anak-anak cacat, keluarga miskin, program kesehatan dan pendidikan. 

Anita Rusdi merupakan warga Indonesia pertama yang menjabat sebagai Ketua Diplomatic Red Cross Bazaar, acara tahunan yang diselenggarakan sejak 52 tahun yang lalu. Jabatan selaku ketua kegiatan bazaar ini tidak mudah diberikan. Karena harus mendapat restu dari Princess Sirindhorn sebagai patron Thai Red Cross Society

Baca juga : Sekjen KLHK Terima Lencana Melati Pramuka dari Presiden Jokowi

Red Cross Charity Bazar selalu dibuka langsung Princess Sirindhorn. Pada tahun ini mengusung tema “Giving Colours Our Lives”. Bazaar digelar di pusat perbelanjaan terkondang di kota Bangkok Siam Paragon Mall. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama antara Thai Red Cross Society dan perwakilan asing di Bangkok. Bazzar berhasil menghimpun 57 negara serta beberapa perusahaan terkemuka di Thailand. Tidak kurang dari 50 ribu orang telah mengunjungi bazaar dimaksud. 

Anita Rusdi dalam laporannya sebelum menyerahkan dana hasil Charity Bazar kepada Princess Sirindhorn, menyampaikan bahwa dirinya mendapatkan kehormatan karena dipercaya sebagai Ketua Panitia di bawah patronage Princess Sirindhorn secara langsung. “Saya merasa berterima kasih diberi amanah menjadi Ketua DPC Thai Red Cross Society ke-52, dan saya juga bersyukur bahwa pelaksanaan kegiatan mulia demi kemanusiaan ini telah berjalan lancar,” ucapnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Minggu (15/9).

Baca juga : Indonesia Unjuk Gigi di Malam Kebudayaan Uppsala

 “Kegiatan ini menunjukkan kepedulian sosial dan kontribusi nyata dari kalangan korps diplomatik untuk meringankan penderitaan masyarakat di beberapa  daerah  terutama anak cacat dan mereka yang memerlukan bantuan,” tambahnya.
  
Dubes RI di Bangkok, Ahmad Rusdi, seusai menyaksikan pemberian penghargaan menekankan bahwa penghargaan tersebut adalah milik bangsa dan rakyat Indonesia. Hal ini terwujud berkat dukungan dan partisipasi KBRI Bangkok, komunitas masyarakat Indonesia di Bangkok, pengrajin serta seniman tanah air. 

Dalam bazaar ini, Dharma Wanita Persatuan KBRI Bangkok berhasil mendatangkan 21 vendors, penari dari Sumatera Barat serta penampilan siswa-siswi Sekolah Indonesia Bangkok (SIB). Dubes Rusdi juga menekankan bahwa bazaar tahunan ini merupakan kegiatan yang sangat tepat untuk people to people contact dan patut dilakukan di tanah air dengan menimba pengalaman dari Thailand  yang telah menyelenggarakannya selama 52 tahun.

Baca juga : Bersama Wakil Ketua dan Anggota BKSAP DPR, Dubes Al Busyra Tanam Pohon di KBRI Addis Ababa

Penghargaan tertinggi dari Palang Merah Thailand ini merupakan prestasi yang patut disyukuri dan dibanggakan oleh masyarakat Indonesia, khususnya di Thailand. Penghargaan ini menjadi inspirasi bagi warga Indonesia lainnya untuk menjadi warga yang terus memberikan sumbangsih pikiran dan tenaganya dan sekaligus mengharumkan nama bangsa Indonesia di luar negeri. [USU]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.