Dark/Light Mode

Global Town Hall Diikuti 24.000 Peserta Dari 140 Negara

Tokoh Dunia Dukung SDGs 2030 Zero Hunger

Senin, 4 September 2023 06:26 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal PBB, yang juga Ketua Kelompok Pembangunan Berkelanjutan PBB Amina J Mohammed. (Foto Dok UN)
Wakil Sekretaris Jenderal PBB, yang juga Ketua Kelompok Pembangunan Berkelanjutan PBB Amina J Mohammed. (Foto Dok UN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Forum diskusi global yang diprakarsai Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) kembali mengundang para tokoh dunia dan pakar dari berbagai bidang untuk mendiskusikan isu-isu terkini dunia, dalam Global Town Hall (GTH) 2023, Sabtu (2/9). Berbagai isu dibahas dalam beragam tema bersama puluhan panelis top dunia.

Lebih dari 24 ribu peserta dari berbagai negara bergabung dalam diskusi virtual bertajuk “This is Our World Too!-North South East West Dialogue” ini.

Baca juga : Piala Dunia U-17 Diikuti 24 Negara, Rapat Perdananya Digelar Hari Ini

“Ada lebih dari 24.000 peserta dari 140 negara. Sungguh sulit dipercaya,” ujar Pendiri dan Ketua FPCI Dino Patti Djalal.

Mantan Wakil Menteri Luar Negeri itu menyatakan, para pemimpin dunia yang sesungguhnya adalah masyarakat sipil, yang mengambil bagian untuk perubahan dunia. Salah satunya, mereka yang ada dalam diskusi tersebut, dari kalangan berbagai universitas, lembaga, think tank, para aktivis, dan semua segmen dari akar rumput.

Baca juga : Bukan Perang Dingin, China Mau Dunia Bersatu

Sesi diskusi yang berjalan silih berganti selama 15 jam nonstop ini, berfokus pada permasalahan global berupa krisis energi, pangan hingga sosial.

Para panelis pun sepakat, seluruh pemimpin dunia harus kembali fokus pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030. Sejak pandemi Covid-19 melanda, dilanjutkan krisis invasi Rusia ke Ukraina, prioritas mayoritas negara mulai bergeser.

Baca juga : 9.500 Peserta Dari 110 Negara Hadiri GTH 2021

SDGs adalah 17 tujuan global dengan 169 capaian yang terukur dan tenggat yang telah ditentukan PBB, sebagai agenda pembangunan dunia untuk perdamaian dan kemakmuran manusia dan planet bumi sekarang dan masa depan. Kesepakatan ini dicetuskan seluruh anggota PBB di New York pada 2015.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.