Dark/Light Mode

Global Town Hall Diikuti 24.000 Peserta Dari 140 Negara

Tokoh Dunia Dukung SDGs 2030 Zero Hunger

Senin, 4 September 2023 06:26 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal PBB, yang juga Ketua Kelompok Pembangunan Berkelanjutan PBB Amina J Mohammed. (Foto Dok UN)
Wakil Sekretaris Jenderal PBB, yang juga Ketua Kelompok Pembangunan Berkelanjutan PBB Amina J Mohammed. (Foto Dok UN)

 Sebelumnya 
Mewakili Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Wakil Sekretaris Jenderal PBB, yang juga Ketua Kelompok Pembangunan Berkelanjutan PBB Amina J Mohammed mengatakan, pihaknya terus mempromosikan agenda kebijakan untuk perdamaian negara anggota PBB. Ini dilakukan demi mengembalikan fokus para pemimpin dunia ke rel SDGs 2030.

“Perdamaian adalah kekuatan pendorong di balik pekerjaan PBB dan ancaman terhadap perdamaian saat ini menciptakan tuntutan baru bagi masyarakat global,” ujar Amina, salah satu panelis di GTH 2023.

Baca juga : Piala Dunia U-17 Diikuti 24 Negara, Rapat Perdananya Digelar Hari Ini

Dia mendesak Pemerintah negara anggota untuk memperdebatkan agenda baru perdamaian dan terlibat dengan usulan-usulannya. Hal ini dilakukan, agar dapat disepakati pada Sidang Majelis Umum PBB akhir September nanti.

“Akhir bulan ini, para pemimpin dunia berkumpul untuk mencapai SDGs. Mereka harus menggunakan kesempatan ini untuk mengembalikan SDGs ke jalur yang benar,” lanjutnya.

Baca juga : Bukan Perang Dingin, China Mau Dunia Bersatu

Amina mengatakan, Sekjen PBB Antonio Guterres telah menulis surat yang mendesak Pemerintah dunia untuk mengumumkan komitmen ambisius nasional dan global terhadap transformasi SDG pada KTT bulan ini.

“Hal ini termasuk mendukung seruan stimulus SDG untuk segera meningkatkan pembiayaan jangka panjang yang terjangkau bagi negara-negara yang membutuhkan setidaknya 5 miliar dolar AS per tahun,” sambungnya.

Baca juga : 9.500 Peserta Dari 110 Negara Hadiri GTH 2021

Langkah ini, kata Amina, akan sangat membantu menutup pembiayaan dan investasi.

“Tujuh tahun yang tersisa untuk mewujudkan janji-janji dalam agenda 2030. Maka, mari bersama mengembalikannya ke jalur yang benar,” ajaknya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.